Back to Kompasiana
Artikel

Seksologi

Ellen Maringka

Mother, Wife, Friend. ~ Accept no one's definition of your life ! ... Define yourself.~

Keseksian Wanita 40-an

REP | 28 December 2012 | 09:25 Dibaca: 1782   Komentar: 49   10

Saya percaya bahwa sebenarnya keseksian wanita itu ada pada setiap tingkatan umur. Apa boleh buat, jika saja saya masih berusia 30-an, tentu saya akan menulis tentang keseksian wanita di usia 30-an. Mudah-mudahan dengan ditulisnya artikel ini,  mampu memancing rasa tidak mau kalah bagi sesama rekan wanita lainnya pada tingkatan umur yang lain. Mudah mudahan juga ada yang tergerak menulis tentang keseksian wanita di usia 50-an, dan seterusnya. Being sexy is a state of mind.   Bukan semata mata terletak pada kondisi fisik, tetapi lebih kepada cara seorang wanita membawa dirinya menjalani kehidupan ini.

Berikut ini adalah catatan pribadi saya sendiri, anda dapat juga menambahkan atau tidak setuju dengan apa yang saya tulis.. (seksi adalah berani menyatakan pendapat tidak setuju tanpa harus bermusuhan :)

- Seksi adalah memiliki rasa humor yang baik. Mampu tertawa bersama, bahkan lebih baik lagi, mampu menertawakan dirinya sendiri. Wanita 40-an biasanya sudah cukup mengalami pengalaman pahit-manisnya hidup, dan menyadari bahwa tidak ada yang terlalu serius dengan hidup ini. Kita semua pada akhirnya akan pergi meninggalkan dunia ini.  Suatu kenyataan yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun. Dan jika fakta ini disadari, daripada menjadi terlalu ketakutan dengan kematian, kita akan memilih untuk lebih menikmati kehidupan.  Tertawa bersama hidup ini merupakan cara terseksi menjalaninya.

- Seksi adalah mereka yang menyadari bahwa  melakukan kesalahan merupakan bagian penting daripada proses pembelajaran. Pernah salah adalah bukti bahwa anda pernah hidup dan menjadi manusia.   Percayalah,  tidak seorangpun mau bersahabat dengan seorang manusia malaikat yang sempurna . Bisa membuat anda merasa terlalu minder dan tidak berarti, sehingga menghilangkan rasa kepercayaan diri. Kita semua lebih suka bersahabat dengan manusia biasa yang baik hati, namun memiliki sisi manusiawi, yaitu bisa berbuat salah. Tidak ada cara yang lebih menarik dan seksi selain tertawa bersama dengan hidup ini beserta dengan  segenap kesalahannya..

- Seksi dalah tidak pernah kehilangan rasa ingin tahu untuk hal hal baru. Wanita 40-an dengan raut muka bosan, ataupun mimik muka sok tahu, sungguh sangat tidak seksi untuk dipandang. Hidup ini menjadi menarik dan seksi ketika selalu ada sisi penasaran. Wanita 40-an tahu caranya memuaskan rasa penasaran akan hal hal baru tanpa harus menjadi rese’ seperti maaf, wanita 20-an. Saya dulu pernah rese di usia 20-an, jadi mohon maaf kepada para junior, jika anda tidak merasa, well... that’s life, selalu ada pengecualian.

-Wanita seksi 40-an adalah mereka yang bebas dari rasa takut. Ada berjenis jenis ketakutan wanita yang sebenarnya tidak beralasan,  dan yang umumnya paling ditakuti adalah menjadi tua. Ketakutan menjadi tua ini, justru malah membuat wanita menjadi sangat tidak seksi karena memaksakan diri bergaya dan bersikap seperti ABG expire. Padahal percayalah, begitu banyak kualitas dan skill yang yang dimiliki oleh wanita 40-an yang membuat iri wanita muda lainnya. Antara lain, ketenangan menyikapi segala sesuatu, mampu menyatakan pendapat tanpa harus ngotot, mampu menerima perbedaan tanpa harus bertele tele mencoba menyamakan segalanya. Wanita usia 40-an umumnya lebih mampu menerima bahwa dalam hidup, ada hal hal yang tidak dapat dijelaskan, dan justru dalam misteri itu lah tersimpan keindahan hidup.

-Seksi adalah mengetahui dimana rumahnya dan tahu jalan untuk pulang. Saya tidak berbicara mengenai rumah secara fisik, karena anak usia 5 tahun juga biasanya sudah tahu dimana rumahnya. Rumah disini lebih kepada konotasi dimana wanita merasa nyaman dengan dirinya dan menjadi dirinya sendiri tanpa merasa takut dengan penilaian orang.  Wanita 40-an menjadi seksi ketika pujian tidak memabuk-kan , dan celaan tidak menjatuh-kan dirinya, karena jauh di dalam hati dan pikirannya sendiri, dia tahu siapa dirinya. Meminjam bunyi iklan yang cukup terkenal,  mungkin cukup dapat merangkum satu hal penting dalam keseksian yaitu : Kutahu yang kumau.

-Wanita seksi mencintai dirinya dan merawatnya.  Mencintai diri sendiri bukanlah suatu pemujaan yang berlebihan terhadap diri sendiri, sehingga tidak peduli denngan orang lain. Mencintai diri sendiri berarti kita merawat diri dengan baik, menghindari hal yang bisa merusak kepercayaan dan moral kehidupan yang baik yang diimani. Mencintai diri sendiri adalah suatu pernyataan sikap bahwa dengan hidup baik dan sehat, kita mampu membantu dan berbagi dengan orang lain. bagaimana mungkin seseorang dapat mencintai orang lain jika cinta itu sendiri tidak pernah ada dan cukup di dalam dirinya ?. We can not give what we don’t have.

-Wanita seksi menciptakan fashion sendiri untuk menyatakan dirinya , dan bukan mencari jati diri melalui  trend fashion yanhg setiap musim berganti. Wanita seksi tahu apa yang pantas dan cocok untuk dirinya. Dua hal penting dalam menyikapi trend fashion adalah : kepatutan dan kepantasan. Tidak seksi melihat ibu-ibu 40-an berlomba memakai rok super mini dengan anak gadisnya.  Ada bagian dari diri wanita seksi yang dinyatakan lewat caranya berpakaian, dan bagaimana dia nyaman dalam berpakaian. Menjadi seksi itu adalah gaya hidup yang tidak berubah setiap pergantian musim. Pernyataan ini benar : Money can not buy style.

-Wanita seksi itu cerdas. Ini bukan hal baru, tapi yang saya maksudkan bukan hanya terbatas pada kecerdasarn akademis, melainkan melingkupi seluruh aspek kecerdasan emosi, sosial dan kecerdasan beradaptasi. Wanita 40-an umumnya dapat mengendalikan emosi dengan baik, tahu kapan harus berargumen yang sehat, dan tahu kapan harus berhenti. Bukan karena rasa putus asa, tetapi lebih kepada rasa penghargaan diri, dan menyadari bahwa tidak semua orang dapat memahami pola pikir dan wawasannya yang intelek.

-Wanita seksi itu bertanggung jawab atas kebahagiaannya sendiri. Dia sangat menghargai kasih sayang dan perhatian orang lain, tetapi pada saat yang sama , dia menyadari bahwa kebahagiaan dirinya adalah tanggung jawabnya.  Bahagia itu datangnya dari dalam diri sendiri.  Wanita seksi itu memutuskan untuk berbahagia, apapun kondisinya, karena dia menyadari bahwa di dunia ini tiada yang abadi, dan tidak ada saat yang lebih tepat untuk berbahagia selain sekarang.

Masih banyak sekali sebenarnya, mungkin saya harus membuat artikel berseri tentang keseksian wanita, tapi saat ini saya tutup dengan hal yang terpenting dari keseksian seorang wanita yaitu : Memiliki perilaku yang baik dan sopan tanpa kehilangan prinsipnya.  Wanita seksi itu berhati baik, dan kilauan hati yang baik itu, tidak bisa ditahan untuk tidak keluar ke permukaan, pada akhirnya mencerahkan keseluruhan diri, dan membuat wanita itu menjadi kinclong secara keseluruhan.

Wanita seksi itu tidak selamanya cantik secara lahiriah, tapi selalu mempesona.  Ijinkan saya mengakhiri artikel ini dengan beberapa kalimat dari lirik lagu She’s got a way :

It’s her gentle touch, …but more than that she can stop this world from spinning too much…She’s got a way with me, I am not the same man since she’s been around.. there’s more to this life..

I’ve suddenly found I look at myself  now so differently… It’s her love that brings me peace.. Whatever it is,  I’ll always be under her spell…

Bagi para pria, jangan berkecil hati, karena wanita seksi itu hanya dapat dikenali dan dilihat oleh para pria seksi berkulitas sama.

This is for  the sexiest man alive : My husband.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Mengubah Hujan Batu Menjadi Emas di Negeri …

Sekar Sari Indah Ca... | | 19 December 2014 | 17:02

Dilema Sekolah Swasta …

Ramdhan Hamdani | | 19 December 2014 | 18:42

Pérouges, Kota Abad Pertengahan nan Cantik …

Angganabila | | 19 December 2014 | 19:54

Bintang dan Tumor …

Iyungkasa | | 19 December 2014 | 21:29

Kompasiana Drive&Ride: “Tantangan …

Kompasiana | | 16 December 2014 | 17:35


TRENDING ARTICLES

Talangi Lapindo, Trik Jokowi Jinakan …

Relly Jehato | 5 jam lalu

Mengapa Fuad Harus di Dor Sampai Tewas? …

Ibnu Purna | 5 jam lalu

Kenapa Steve Jobs Larang Anaknya Bermain …

Wahyu Triasmara | 7 jam lalu

Singapura Menang Tanpa Perang Melawan …

Mas Wahyu | 9 jam lalu

RUU MD3 & Surat Hamdan Zoelfa …

Cindelaras 29 | 11 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: