KESETARAAN GENDER BELUM SEPENUHNYA TERPENUHI

Wanita tidak lagi dipandang sebelah mata, bahkan hak-haknya kini setara dengan pria. Namun masih ada anggapan bahwa tidak semua wanita belum menikmati haknya untuk menjadi setara. Kompasianer setujukah Anda bahwa kesetaraan gender ternyata belum sepenuhnya terpenuhi?

2017-04-21 13:46:54

PRO 2

KONTRA 0

UN BERBASIS KOMPUTER LEBIH MUDAH DARI PADA UNKP

Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kini dianggap lebih baik dari pada Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Namun di sejumlah wilayah, penyelenggaraan UNBK ini terkendala masalah teknis seperti internet hingga pasokan listrik. UNBK dianggap lebih baik karena diklaim memperkecil bocornya soal ujian. Tapi melihat kondisi saat ini setujukah Anda bahwa UNBK memang lebih baik dari pada UNKP?

2017-04-13 15:46:26

PRO 2

KONTRA 2

GANJA HARUS SEGERA DILEGALKAN UNTUK PENGOBATAN

Sejumlah LSM meminta pemerintah untuk melegalisasi daun ganja untuk pengobatan. Wacana ini mencuat setelah kasus Fidelis Ari yang ditangkap karena menanam ganja untuk pengobatan sang istri. Ganja sendiri di beberapa negara memang telah dilegalkan untuk keperluan medis. Kompasianer, setujukah Anda jika ganja harus segera dilegalkan untuk pengobatan di Indonesia?

2017-04-04 13:54:59

PRO 5

KONTRA 5

SELEBRITI HANYA CARI-CARI ALASAN DEMI KONSUMSI NARKOBA

Kabar selebriti terjerat narkoba kembali terdengar. Tidak sedikit selebriti yang memang mengonsumsi barang haram ini dengan berbagai alasan, misalnya beban kerja atau karena kurang percaya diri. Namun pihak BNN menganggap para artis hanya mencari-cari alasan demi mengonsumsi barang haram ini. Kompasianer, setujukah Anda bahwa para selebriti hanya mencari-cari alasan demi mengonsumsi narkoba ini?

2017-03-28 12:22:44

PRO 6

KONTRA 2

TIMNAS LEBIH COCOK DILATIH PELATIH LOKAL

Setelah kalah di laga perdana, beberapa pihak mempertanyakan kemampuan Luis Milla memoles Timnas Indonesia. Tidak sedikit netizen yang menilai bahwa Timnas Indonesia jauh lebih baik jika dilatih oleh pelatih lokal. Bahkan ada beberapa yang menilai bahwa pelatih asal Indonesia bisa memberi hasil yang lebih baik dari Luis Milla. Kompasianer, setujukah Anda bahwa Timnas Indonesia lebih cocok dilatih oleh pelatih lokal?

2017-03-22 10:46:02

PRO 2

KONTRA 2

UNGKAP SKANDAL E-KTP, BUKTI REVISI UU KPK TAK MENDESAK

KPK beberapa waktu lalu mengungkap skandal besar korupsi E-KTP. Pengungkapan ini dianggap sebuah prestasi yang memperlihatkan bahwa revisi UU KPK masih perlu peninjauan ulang. KPK masih dianggap efektif untuk melakukan tugas-tugasnya dalam pemberantasan korupsi jika UU KPK tidak direvisi. Kompasianer setujukah Anda bahwa diungkapnya kasus E-KTP adalah bukti bahwa revisi UU KPK tidak mendesak?

2017-03-14 16:05:36

PRO 2

KONTRA 1

TIDAK DISIARKAN LANGSUNG, SIDANG PERADILAN EKTP TIDAK JUJUR

Pengadilan Tipikor melarang sidang kasus dugaan megakorupsi proyek E-KTP disiarkan secara langsung. Padahal sidang tersebut bersifat terbuka. Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat pun, Ilham Bintang mengatakan hal ini memicu jalannya peradilan yang tidak jujur. Kompasianer setujukah Anda jika sidang ini tidak disiarkan secara langsung, maka sidang peradilan EKTP ini tidak jujur.

2017-03-09 15:30:54

PRO 5

KONTRA 1

KEKERASAN PADA PEREMPUAN BELUM SEPENUHNYA DITANGANI

Komnas Perempuan Indonesia mengungkapkan masih ada lebih dari 250 ribu kasus kekerasan pada perempuan. Angka ini adalah jumlah yang sangat besar dan masih cukup timpang jika dibandingkan dengan jumlah kasus yang diselesaikan. Kompasianer setujukah Anda bahwa kasus kekerasan pada perempuan ini memang belum ditangani dengan baik?

2017-03-08 12:24:32

PRO 2

KONTRA 1

PENYAMBUTAN RAJA SALMAN TERLALU BERLEBIHAN

Kedatangan Raja Salman mendapat antusiasme yang berbeda. Bahkan kabarnya Presiden Joko Widodo akan menyambut langsung sang raja di Bandara. Tidak sedikit netizen yang menilai hal ini terlalu berlebihan. Kompasianer setujukah Anda bahwa antusiasme penyambutan Raja Salman terlalu berlebihan?

2017-02-27 17:54:50

PRO 7

KONTRA 7

DP RUMAH 0%, TIDAK MASUK AKAL

Netizen menganggap bahwa DP rumah 0% tidak mungkin terealisasi untuk harga tanah di Jakarta yang sudah sangat mahal. Namun, Anies menjelaskan bahwa kredit rumah murah dengan skema DP 0% ini merupakan sebuah solusi untuk warga yang sulit mendapatkan rumah karena belum sanggup membayar DP. Kompasianer, setujukah Anda jika DP rumah 0% adalah kebijakan yang tidak masuk akal?

2017-02-20 22:08:50

PRO 13

KONTRA 3

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana