Back to Kompasiana
Artikel

Medis

Flu: Penyebab dan Cara Mengatasinya

REP | 05 April 2013 | 18:35 Dibaca: 226   Komentar: 0   0

Deden Komarudin MHU 2012

NIM: 1112053100039

Flu: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pilek merupakan gejala yang timbul akibat flu. Flu atau influenza disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup kemudian menggunakannya sebagai tempat untuk berkembang biak. Virus ditularkan ke orang lain melalui butiran cairan dari air liur atau lendir yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus segera menyebar bersamaan dengan cairan yang dikeluarkan. Udara menjadi media penyebaran virus dan jika anda menghirup udara tersebut dengan kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat anda terjangkit flu. Itulah sebabnya penyebaran flu sangat mudah.

Cara lain virus flu menyebar adalah saat seorang penderita flu yang memegang hidung atau mulutnya membuat virus flu berpindah ke tangannya. Ketika orang tersebut memegang gagang pintu, virus berpindah, dan jika anda memegang gagang pintu, virus tadi berpindah ke tangan anda. Selanjutnya, baik sengaja atau tidak sengaja, anda mungkin memegang mulut atau hidung. Akibatnya, virus masuk ke dalam tubuh anda dan dapat menyebabkan anda mengalami flu.

Flu tidak hanya menyerang manusia, tetapi dapat juga menyerang hewan atau unggas. Bahaya dari virus flu ini adalah virus dapat bermutasi sehingga menciptakan jenis baru yang tidak dapat ditangkal dengan sistem kekebalan tubuh. Hewan yang terkena flu dan menulari manusia dapat membahayakan seperti flu burung atau flu babi yang merupakan jenis virus baru. Jenis baru ini dapat membahayakan dan dapat menyebabkan epidemi flu yang mematikan.

Berbagai jenis flu yang membahayakan seperti Flu Spanyol, Flu Hongkong, atau Flu Burung dan Flu babi harus diwaspadai. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, flu ini dapat menyebabkan kematian. Walau kini wabah flu-flu tersebut telah merada, tetapi tidak ada salahnya jika anda tetap melindungi diri dari berbagai penyakit flu.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, ini berlaku untuk penyakit flu. Terlebih lagi, jika anda memiliki anak-anak. Melindungi diri anda agar tidak tertular flu dapat menjadi cara agar anak anda tidak mengalami flu akibat tertular anda. Beberapa cara untuk melindungi anda dari flu adalah:

Mencegah Flu

Flu dapat dicegah dengan berbagai cara. Diantaranya:

Gunakan vaksin flu

Gunakan vaksin flu pada saat musim flu datang. Tetapi tidak semua virus flu dapat di tangkal oleh vaksin flu tersebut. Dari waktu ke waktu terdapat juga jenis vaksin dengan tipe virus yang sedang menjadi wabah.  Tapi selain berbeda type virus nya, seringkali muncul tipe virus yang lolos dari upaya penangkalan, itu di karenakan banyaknya tipe virus dan strain virus flu yang ada.

Perkuat kekebalan tubuh

Dengan istirahat yang cukup dan menu makanan yang bergizi tinggi terutama disaat musim hujan merupakan cara untuk memperkuat kekebalan tubuh. minum air hangat, mandi air hangat, dan baluri tubuh dengan obat gosok. Pilih makanan bergizi tinggi khususnya yang berprotein tinggi seperti: susu, telur, daging dan sayur mayur berwarna hijau. Hindari hembusan angin, berada di udara terbuka apalagi mandi hujan.

Hindari paparan udara dingin

Semakin sering tubuh kita terpapar dengan udara dingin semakin mudah kita terserang virus, bukan hanya virus flu tapi semua jenis virus. Virus mudah menjangkit tubuh kita apabila ketahanan tubuh kita semakin melemah. maka untuk melawan agar virus menyerang adalah dengan menjaga agar ketahanan tubuh kita kuat. Jika ketahanan tubuh kita kuat maka virus yang sudah masuk akan bisa di basmi atau di tumpas secara alami, sehingga kita batal jatuh sakit flu.

Rajin basuh tangan dengan sabun

Tangan kita menjadikan sumber perpindahan virus ke tubuh kita melalui aktifitas seperti: bersentuhan dengan daun pintu, bersentuhan dengan uang, pintu mobil dan lain-lain yang juga di sentuh oleh orang selain kita. Studi tentang hal ini sudah di pelajari sewaktu SARS mewabah. Dari sana virus yang sudah mencemari segala yang di sentuh oleh pengidap flu bisa berpindah ke jemari tangan kita.

Sering berkumur-kumur

Virus flu memasuki tubuh melewati lubang hidung dan rongga mulut. Selain hidung harus terjaga bersih, mulutpun pertahananya perlu kokoh atau kuat. Maka disarankan untuk berkumur sesering mungkin. Untuk obat kumur kita bisa menggunakan seduhan daun sirih atau memakai obat kumur yang ada di pasaran. Dengan cara demikian kita berusaha mengenyahkan bibit penyakit yang mungkin sudah mulai mengendap di rongga mulut, termasuk bibit virus flu.

Demikian upaya pencegahan  flu, yang sebenarnya jika cara di atas di praktekan setiap hari maka tubuh kita akan selalu sehat dan aman dari serangan flu. Jika badan sudah terasa pegal-pegal, bersin-bersin, kepala pusing, mata terasa panas, dan batuk-batuk kecil, kemungkinan itu adalah gejala awal penyakit flu, segera meminum obat flu apa saja dan tidur setelah kita meminum minuman yang hangat-hangat. Biasanya dengan cara itu penyakit flu tidak akan muncul.

Menjaga Ketahanan Tubuh

Anda dapat menghindari terkena flu jika anda memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Cara untuk memperkuat ketahanan tubuh terhadap virus adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, terutama buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung vitamin C. Istirahat atau tidur cukup setiap hari dapat memperkuat ketahanan tubuh anda. Yang tidak kalah pentingnya adalah dengan berolahraga secara teratur.

Selain meningkatkan ketahan tubuh, anda juga dapat mencegah agar daya tahan tubuh tidak melemah. Salah satu penyebab melemahnya sistem imun tubuh adalah stres. Untuk itu perlu menghindari stres. Kurang tidur juga dapat menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh, maka penting agar anda tidur cukup setiap malam. Tidur juga dapat membantu menghilangkan stres.

Mengobati Flu

Jika Anda sudah terjangkit flu, Anda dapat melakukan hal-hal agar penyakit anda tidak bertambah parah. Beristirahat jika terkena flu. Istirahat atau tidur dapat memperkuat sistem imun tubuh. Jika Anda bekerja, mungkin anda bisa meminta ijin untuk beristirahat di rumah. Dengan tinggal di rumah juga menjadi cara agar anda tidak menulari penyakit ini kepada orang lain.

Perbanyak minum air putih. Air putih dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi, karena saat flu banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Air ini juga dapat mendorong dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh.

Melindungi diri dari flu berarti anda melindungi keluarga dari sasaran penularan virus pada Anda. Jangan anggap remeh flu atau influenza dan hendaknya selalu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Perjalanan Malam Hari di Jalur Pantura …

Topik Irawan | | 24 July 2014 | 15:41

Berlibur Sejenak di Malaka …

G T | | 24 July 2014 | 15:51

Indonesia Bikin Kagum Negara Tetangga …

Apriliana Limbong | | 24 July 2014 | 20:51

Taman Bunga Padang Pasir …

Ferdinandus Giovann... | | 24 July 2014 | 19:07

Permohonan Maaf kepada Ahmad Dhani …

Kompasiana | | 24 July 2014 | 20:27


Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: