Back to Kompasiana
Artikel

Medis

Kosasi Kwek

Dokter umum, lulusan FK-Universitas Tarumanagara, Jakarta, tahun 1998. Lahir di Medan. Tinggal dan bekerja di Rengat, Propinsi Riau, selengkapnya

Sakit Tumit, Asam Urat atau Bukan?

HL | 13 March 2013 | 07:52 Dibaca: 55674   Komentar: 37   14

13630783961358056950

Keluhan sakit tumit cukup sering ditemukan dalam masyarakat kita. Banyak di antara kita yang pernah mengalami sakit tumit, terutama setelah bangun pagi, saat mulai melangkah/berjalan. Biasanya, bagi mayoritas masyarakat Indonesia, sakit tumit akan segera divonis sebagai asam urat. “Sakit tumit, asam urat itu!”, itulah yang sering kita dengar, kita ucapkan, dan kita yakini.
.
Apakah benar sakit tumit disebabkan oleh kelebihan asam urat atau hiperurisemia?
TIDAK BENAR.
.
Jadi apa sesungguhnya penyebab sakit tumit? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus terlebih dahulu mengerti susunan dan bentuk bagian-bagian tubuh yang berada di tumit dan sekitarnya.
.
.
Anatomi dan fisiologi kaki
13630784612100982557

Gambar tulang-tulang yang menyusun kaki. Sumber : www.3d4medical.com

.

Di dalam kaki, terdapat kumpulan tulang-tulang. Di antara semua tulang yang menyusun kaki, tulang tumit (os calcaneus) merupakan tulang yang paling besar. Pada semua tulang manusia, selalu terdapat tonjolan-tonjolon tempat melekat tendon (tendo) atau urat otot. Urat atau tendon merupakan awal dan akhir dari otot. Dengan kata lain, otot-otot berhubungan dengan tulang melalui tendon/urat. Hubungan inilah yang memungkinkan kita menggerakkan tulang dan persendian kita, yang memungkinkan kita melakukan semua jenis gerakan tubuh dan bagian-bagian tubuh.

.

13630787631875859065

Gambar kaki ;hubungan antara tulang tumit dengan urat-urat sekitarnya. Sumber:www.3d4medical.com

.
Demikian juga dengan tulang tumit; di permukaan tulang tumit juga terdapat banyak tonjolan, tempat melekat tendon. Di antara semua tonjolan yang ada pada tulang tumit, ada dua tonjolan yang terpenting, yaitu :
  1. Tonjolan di permukaan bawah tempat melekat urat dari kumpulan otot di telapak kaki, dan
  2. Tonjolan di bagian belakang tulang tumit tempat melekat tendon Achilles, urat besar dari otot belakang betis (musculus gastrocnemius).Tentu pembaca tidak asing dengan istilah tendon Achilles. Tendon Achilles dapat dengan mudah kita raba atau kita “cubit”, sambil merasakan tarikannya terhadap tulang tumit jika kita melakukan gerakan kaki seperti saat menginjak rem.

.

13630789341730436832

Gambar kaki, menunjukkan otot-otot dan urat-urat di kaki. Sumber:www.3d4medival.com

.
Keseluruhan kaki kita juga terbungkus oleh jaringan dan lapisan-lapisan urat (tendon), terutama di :

  • pergelangan kaki atau sekeliling mata kaki,
  • seluruh punggung kaki, dan
  • pangkal jari-jari kaki.

.

Pada saat kita berdiri, berat badan kita ditopang oleh kaki, terutama oleh tumit. Pada saat kita berjalan / berlari, ketika akan melangkah, berat badan kita ditopang oleh bagian depan telapak kaki. (Pembaca bisa mencoba praktekkan dan buktikan).

.
Sakit kaki karena kelebihan asam urat ( hiperurisemia )
.
Jika kadar asam urat (uric acid) dalam darah terlalu tinggi, akan terbentuk endapan atau timbunan kristal asam urat di dalam urat-urat dan di dalam ginjal. Endapan atau timbunan kristal asam urat di dalam urat inilah yang menimbulkan rasa sakit pada kaki. Jika berlangsung secara kronis, endapan-endapan di dalam urat akan membentuk tonjolan atau benjolan yang disebut tophus atau tophi.

13630791281938272559

Ilustrasi daerah nyeri di pergelangan kaki akibat asam urat. Sumber:www.3d4medical.com

Rasa sakit/nyeri pada kaki akibat asam urat mempunyai ciri-ciri :
  1. Menyerang bagian-bagian kaki yang terbanyak uratnya, yaitu pergelangan kaki atau sekeliling mata kaki, seluruh punggung kaki, dan pangkal jari-jari kaki.
  2. Bersifat menetap, istirahat atau berdiam diri tidak mengurangi sakitnya.
  3. Daerah yang sakit bisa terasa panas.
  4. Daerah yang sakit bisa berwarna kemerahan.
  5. Bisa disertai dengan demam.

.

Kepastian tinggi tidaknya kadar asam urat dapat diketahui dari pemeriksaan darah. Saat ini, biaya pemeriksaan kadar asam urat di laboratorium swasta berkisar antara Rp30.000,- sampai Rp35.000,- .

.

Sakit tumit karena tekanan tulang terhadap urat

.

Sakit tumit, tepatnya sakit telapak tumit dan/atau belakang tumit, timbul akibat tekanan tonjoloan tulang tumit (di bawah dan di belakang tumit) terhadap urat-urat yang berhubungan dengannya.
13630832431037587923

Ilustrasi nyeri tumit. Sumber : www.3d4medical.com

Sakit/nyeri tumit yang disebabkan oleh tekanan tulang terhadap urat mempunyai ciri-ciri :
  1. Menyerang bagian tumit, terutama telapak tumit dan belakang tumit; kadang-kadang sisi samping tumit.
  2. Terasa paling sakit pada saat bangun tidur, saat langkah-langkah pertama, dan berkurang setelah beberapa puluh langkah berikutnya.
  3. Terasa lebih sakit saat melangkah/berjalan setelah duduk lama.
  4. Berkurang atau menghilang jika istirahat atau berdiam diri.
  5. Rasa sakit/nyeri bisa menjalar ke otot belakang betis jika tonjolan/taji berada di bagian belakang tulang tumit.

.

Sakit/nyeri tumit, baik di telapak tumit ataupun di belakang tumit, sering disebabkan oleh kondisi / penyakit sebagai berikut :

A. Kelebihan berat badan atau kegemukan (obesitas).

Semakin gemuk, semakin berat beban yang harus ditopang oleh tulang tumit, hingga suatu saat menimbulkan rasa sakit, terutama di bawah tumit.

13630882721981368733

Foto rontgen kaki seorang wanita 29 tahun dengan keluhan nyeri kaki karena obesitas. Kedua tulang tumit sehat, tidak keropos dan tidak mengalami pengapuran atau calcaneal spur. Dokumentasi pribadi, atas ijin pasien.

B. Kebiasaan menggunakan sepatu ber-hak tinggi (”high heel”).
Kebiasaan ini membuat tulang tumit dan telapak kaki menerima gaya beban yang lebih tajam / kuat daripada jika menggunakan sepatu biasa.

136307924926622038

Ilustrasi kaki dengan sepatu hak tinggi. Sumber : www.3d4medical.com

Jika kita menggunakan sepatu biasa atau sepatu yang membuat telapak kaki sejajar dengan permukaan tanah, beban berat badan terbagi relatif merata di seluruh telapak kaki. Tapi jika menggunakan sepatu ber-hak tinggi, hanya titik-titik tertentu saja yang menerima beban terbesar dari  badan, yaitu terutama di bawah tumit dan bagian depan telapak kaki. Jika kebiasaan yang salah ini berlangsung terlalu lama, suatu saat akan timbul rasa sakit, khususnya di bawah tumit dan bagian depan telapak kaki.
13630892661982357540
Ilustrasi kaki dengan sepatu’hak’ tinggi. Garis hitam menunjukkan arah beban berat badan, garis merah menunjukkan titik-titik penerima beban. Sumber:www.3d4medical.com

.

C.Pengapuran tanpa keropos tulang tumit.
Kondisi ini bisa terjadi pada orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan tenaga fisik yang sangat berat, sehingga tulang-tulang seluruh tubuh termasuk tulang tumitnya mengalami pengapuran (penebalan di permukaan tulang) tanpa keropos tulang (osteoporosis). Pengapuran atau taji yang terjadi pada tulang tumit disebut “calcaneal spur“. Pengapuran inilah yang menyebabkan rasa sakit pada tumit, tepatnya di bawah tumit dan di belakang tumit.
.
D.Keropos (osteoporosis) dan pengapuran tulang tumit.
Keropos tulang menyebabkan tulang mengecil / memipih / mengerucut, sehingga permukaan tulang yang keropos menjadi lebih kasar, lebih menonjol, lebih tajam. Bagian tulang yang menjadi lebih tajam atau menonjol itulah yang disebut pengapuran. Pengapuran tulang tumit (calcaneal spur) di bawah dan di belakang tumit inilah yang menyebabkan rasa sakit pada tumit.
13630896051276241921

Foto roentgen kaki seorang wanita 53 tahun. Tanda panah menunjukkan pengapuran atau taji pada kedua tulang tumit (calcaneal spur). Dokumentasi pribadi, atas ijin pasien.

.

Kepastian ada tidaknya pengapuran tulang tumit dapat diketahui dari pemeriksaan roentgen. Saat ini, biaya pemeriksaan roentgen di fasilitas medis swasta berkisar antara Rp60.000,- sampai Rp100.000,- .

.
Sakit kaki, jangan langsung vonis asam urat

.

Jika kita bisa mengerti semua penjelasan di atas, kita tahu bahwa ada perbedaan yang jelas antara sakit kaki akibat asam urat dengan sakit tumit karena tekanan tonjolan tulang terhadap urat. Bisa saja pada satu orang terdapat kedua penyakit ini secara bersamaan; artinya bisa saja seseorang yang mengalami sakit tumit juga sekaligus menderita asam urat, tapi yang menimbulkan rasa sakit tumitnya bukan karena asam uratnya, melainkan karena tekanan tulang terhadap urat di bawah dan/atau di belakang tulang tumitnya.
Di negara kita, cukup banyak orang mengalami keluhan sakit tumit. Di dalam keluarga besar kita, orang-orang dekat kita, tetangga kita, teman kerja kita, mungkin ada yang menderita sakit tumit. Mereka yang menderita sakit tumit selama ini mungkin merasa menderita asam urat dan diobati sebagai penyakit asam urat. Jika selama ini kita terlalu mudah dan cepat memvonis sakit tumit sebagai asam urat, maka mulai sekarang kita harus lebih teliti dan hati-hati dalam memandang dan menangani keluhan ini. Jika ada di antara kita yang sakit kaki, teliti dahulu bagian mana yang sakit, bagaimana ciri-ciri atau sifat sakitnya, dan diskusikanlah secara rinci dengan dokter terdekat/langganan kita masing-masing untuk memastikan penyebabnya.Untuk kasus-kasus yang  meragukan, pemeriksaan tambahan mungkin diperlukan untuk memastikan penyebabnya.
Semoga tulisan ini memberikan kita pemahaman yang benar tentang keluhan sakit tumit.

.

.

Salam Kompasiana
Rengat, Maret 2013
 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Berburu Oleh-oleh Khas Tanah Dayak di Pasar …

Detha Arya Tifada | | 26 November 2014 | 04:19

Menuju Jakarta, Merayakan Pestanya …

Hendra Wardhana | | 26 November 2014 | 07:59

Nangkring bareng Litbang Kementerian …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 19:25

Minum Air Lemon di Pagi Hari dan Manfaatnya …

Gitanyali Ratitia | | 26 November 2014 | 01:38

Ikuti Blog Competition ”Warna Warni Indah …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 10:50


TRENDING ARTICLES

Teror Putih Pemecah Partai Politik …

Andi Taufan Tiro | 3 jam lalu

Pak JK Kerja Saja, Jangan Ikutan Main di …

Hanny Setiawan | 4 jam lalu

Kisruh Golkar, Perjuangan KMP Menjaga …

Palti Hutabarat | 9 jam lalu

Golkar Lengserkan Aburizal Bakrie, Babak …

Imam Kodri | 10 jam lalu

5 Kenampakan Aneh Saat Jokowi Sudah …

Zai Lendra | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Jokowi Membutuhkan Algojo Daripada Jaksa …

Mohamadfi Khusaeni | 8 jam lalu

Ciremei 3078mdpl bersama Aprak Jaya …

Padlun Fauzi | 8 jam lalu

Bahasa Tarzan Di Pasar Perbatasan …

Firdaus Umar | 8 jam lalu

Keroyokan Bangun Pasar Rakyat …

Ahmad Syam | 8 jam lalu

Berhentilah Bermimpi untuk Merdeka …

Eka Putra | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: