Back to Kompasiana
Artikel

Medis

Halimah Tusadiah

Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi UNIBI. Lahir di Sukabumi..

Cara Tradisional Menghilangkan Jerawat

REP | 09 February 2013 | 11:17 Dibaca: 19194   Komentar: 0   2

Jerawat masih menjadi masalah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sampai hari ini, terutama wanita yang sangat peduli akan penampilannya. Ketika jerawat muncul bahkan hanya satu benjolan, seseorang bisa panik dan gusar hingga berhari-hari. Jerawat masih dianggap sebagai noda yang membuat wajah tampak tidak lagi manis. Apalagi jika jerawat tersebut sudah membuat kulit wajah gatal, merah, bahkan bernanah.

Hampir setiap orang pernah memiliki jerawat. Jerawat biasanya pertama kali muncul saat seseorang memasuki dunia remaja. Oleh karena itu, jerawat selalu identik dengan pubertas seseorang. Hal ini menimbulkan banyak mitos di kalangan masyarakat Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa semakin banyak jerawat di wajah, maka banyak pula pacar yang dimiliki. Karena jerawat merupakan simbol bahwa seseorang kangen. Adapula yang mengatakan bahwa ketika seseorang memiliki jerawat, berarti orang itu sedang jatuh cinta namun cintanya belum tersalurkan. Tapi itu semua hanya mitos. Buktinya justru orang-orang dengan kulit mulus tanpa jerawat yang ustru memiliki pacar lebih banyak dibandingkan orang yang berjerawat banyak. Karena tentu saja sebagian besar masyarakat Indonesia lebih suka orang yang memiliki kulit tanpa jerawat karena terkesan lebih bersih.

Faktanya, jerawat muncul pada orang yang memiliki pori-pori yang besar dan berminyak. Serta pada wajah yang jarang dibersihkan. Pori-pori yang besar, berminyak, dan kotor akan membuat kelenjar minyak tidak keluar dengan sempurna sehingga timbulah jerawat. Sebenarnya untuk membersihkan wajah, tidak perlu menggunakan banyak perawatan dengan obat-obat kimia. Bersihkan wajah hanya dengan pencuci muka pun akan membuat wajah bersih. Atau bersihkan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional akan lebih baik dibandingkan pembersih yang mengandung bahan kimia.

Jika jerawat yang menjengkelkan sudah muncul, biasanya orang akan rela mengeluarkan banyak uang untuk menghilangkannya dengan obat-obatan kimia. Tapi akhirnya berujung kecewa karena justru menghasilkan efek samping yang lain. Obat-obat kimia penghilang jerawat tidak cocok untuk semua jenis kulit dan terkadang hanya ampuh untuk jenis kulit tertentu saja. Kebanyakan orang rela mengeluarkan uang hingga berjuta-juta karena ingin cara yang instan. Padahal cara tradisional justru bisa lebih ampuh. Seperti halnya menggunakan beberapa jenis tanaman untuk menghilangkan jerawat secara tradisional.

Berikut ini tumbuhan yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara tradisional:

1. Kunyit Asam

Kunyit mengandung curcuminoid yang berperan dalam memperbaiki metobolisme dan jaringan dalam tubuh, termasuk kulit. Oleh karena itu, kunyit dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya hanya dengan menumbuk kunyit hingga halus dan menempelkannya di bagian yang berjerawat. Namun, kunyit dapat menimbulkan bekas warna kuning yang kuat pada kulit, jadi sebaiknya digunakan jika Anda berada di rumah dalam waktu yang lama. Karena Anda pasti akan malu keluar rumah, apalagi ke tempat kerja dengan bekas kuning di wajah Anda.

2. Daun Sirih

Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat mengeringkan jerawat yang sedang meradang. Cara yang paling ampuh dan mudah adalah dengan merebus daun sirih dan oleskan air rebusan yang sudah hangat pada daerah yang berjerawat, baru dicuci dengan air dingin. Ada cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan menumbuk daun sirih dan mencampurkannya dengan air. Kemudian disaring. Tumbukan daun sirih dapat digunakan sebagai masker pada malam hari dan airnya untuk mencuci muka pada pagi hari.

3. Tomat

Selain untuk menghilangkan jerawat, tomat juga dapat menjadi penghalang timbulnya bekas jerawat. Cara penggunaannya ada dua, yang pertama adalah dengan membelah tomat menjadi dua bagian dan mengoleskannya pada bagian yang berjerawat, diamkan selama satu jam. Anda akan merasa sedikit perih. Kemudian bilas dengan air dingin. Dan cara kedua adalah dengan menggunakannya sebagai masker setelah ditumbuk/diblender tanpa air.

4. Pepaya

Pepaya yang digunakan sebagai obat penghilang jerawat adalah papaya matang, bukan pepaya yang biasa dijadikan sebagai bahan dasar rujak. Cara penggunaannya dengan menumbuknya halus dan menggunakannya sebagai masker. Lalu cuci bersih dengan air dingin.

5. Mentimun

Sepertinya sudah tidak aneh mendengar mentimun digunakan sebagai masker. Sebagian besar wanita biasa menggunakannya. Karena selain mudah ditemui, mentimun tergolong sayuran yang murah. Untuk menghilangkan jerawat, mentimun digunakan sebagai masker. Sama ketika menggunakannya untuk mengecilkan pori-pori dan menghaluskan wajah. Potong tipis-tipis mentimun, lalu tempelkan pada bagian yang berjerawat semala 10 sampai 20 menit.

6. Jeruk Nipis

Tumbuhan yang dipaparkan diatas digunakan dengan cara ditumbuk dan digunakan sebagai masker. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal yang sama dengan jeruk nipis. Anda hanya perlu meminumnya dengan menambahkan sedikit gula. Jika Anda mengoleskan jeruk nipis pada jerawat Anda, maka akan terasa sangat perih.

7. Madu

Bukan hal yang aneh jika madu baik untuk kesehatan. Buktinya beberapa produk kecantikan memasukkan madu ke dalam ramuan mereka untuk membuat konsumen beralih pada produknya. Selain untuk menyembuhkan jerawat, madu juga dapat menghilangkan bekas jerawat yang sulit digunakan. Gunakan madu sebagai masker. Hati-hati dalam memilih madunya, gunakan madu asli bukan madu campuran yang mengandung banyak gula. Karena akan mengurangi khasiatnya.

8. Belimbing

Jika Anda tertarik menggunakan belimbing untuk menghilangkan jerawat, Anda juga memerlukan belerang sebagai campurannya. Tumbuk belimbing dan campur dengan sedikit belerang, lalu gunakan sebagai masker. Belerang digunakan untuk menghilangkan bekas luka dan rasa gatal yang timbul pada jerawat.

9. Mengkudu

Mengkudu menjadi buah favorit bagi orang-orang zaman dulu, karena terkenal akan khasiatnya yang banyak. Walaupun rasanya tidak enak, tapi mengkudu dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sebagai penghilang jerawat, cukup gunakan mengkudu yang telah ditumbuk sebagai masker. Namun Anda harus cukup menahan baunya. Karena baunyasungguh tidak sedap.

10. Daun Teh

Cara ini akan sangat menguntungkan bagi mereka yang tinggal di daerah perkebunan teh. Biasanya orang yang tinggal di daerah perkebunan jauh dari kota dan cukup sulit mendapatkan obat jerawat, maka gunakan daun teh yang ada di sekitar untuk obat jerawat. Caranya cukup mudah, hanya dengan mencuci daun teh menggunakan air hangat, lalu tempelkan daunnya ke bagian yang berjerawat maka jerawat dan bekasnya akan hilang.

11. Daun Jambu Biji

Selain dapat menyembuhkan diare, daun jambu biji juga ternyata dapat menghilangkan jerawat. Tumbuk halus daun jambu biji dan gunakan sebagai masker. Cuci wajah jika daun sudah mengering.

Keuntungan menggunakan cara tradisional adalah selain jerawat hilang, wajah pun akan tetap halus dan tanpa efek samping yang berbahaya seperti yang ditimbulkan obat-obat kimia. Anda hanya perlu bersabar dan rutin menggunakannya. Jika Anda tergolong orang sibuk, pilih saja cara yang dapat disesuaikan dengan kesibukan Anda. Jika Anda tetap ingin cara cepat dengan menggunakan obat kimia, bersiaplah untuk resikonya.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kuliner: Dari Mesir ke Yordania Bersama …

Andre Jayaprana | | 20 September 2014 | 18:49

Judika Bangga Membagikan Budaya di Rising …

Sahroha Lumbanraja | | 20 September 2014 | 23:05

Asian Games 2018, tantangan bagi Presiden …

Muhamad Kamaluddin | | 21 September 2014 | 04:34

Bingung Mau Buka Usaha Apa? Ini caranya …

Yos Asmat Saputra | | 21 September 2014 | 06:39

Ayo, Tunjukan Aksimu untuk Indonesia! …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 16:24


TRENDING ARTICLES

MK Setuju Sikap Gerindra yang Akan …

Galaxi2014 | 4 jam lalu

Ini Tanggapan Pelatih Valencia B tentang …

Djarwopapua | 16 jam lalu

Kalau Tidak Mau Dirujuk, BPJS-nya Besok …

Posma Siahaan | 20 jam lalu

Jokowi Pernah Disumbang Tahir, Kenapa TNI …

Aqila Muhammad | 22 jam lalu

Heboh!Foto Bugil Siswi SMP Di Jakarta …

Adi Supriadi | 20 September 2014 08:47


HIGHLIGHT

Pak SBY, Presiden RI dengan Kemampuan Bahasa …

Samandayu | 8 jam lalu

Jangan Sampai Pemerintahan Jokowi-JK …

Abdul Muis Syam | 8 jam lalu

Setelah Ahok, Prabowo Ditinggal PPP dan PAN, …

Ninoy N Karundeng | 9 jam lalu

Puisi: Angin Generasi …

Wiwin Purwosetiono | 9 jam lalu

Biang Macet Kota Bogor …

Cucum Suminar | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: