Back to Kompasiana
Artikel

Medis

Leo Kurniawan

Dokter dan penulis tentang vaksin, vaksinasi untuk bayi, dewasa, orang tua dan pelancong. Juga tertarik selengkapnya

Sehat Cara Alamiah - Sakit Kepala Sebelah Migren - Apa Itu?

OPINI | 15 January 2013 | 13:08 Dibaca: 2181   Komentar: 0   0

Sehat Cara Alamiah - Sakit Kepala Sebelah Migren - Apa itu ?

Saya yakin bahwa banyak teman-teman yang pernah mendengar kata sakit kepala sebelah, atau istilah kerennya yaitu sakit kepala migren.

Sebetulnya apa sih migren itu ? Bagaimana mekanisme terjadinya ?  Apa obatnya ? Bagaimana menghindarinya ?

Nah dalam bahasan kali ini, kita akan mencoba menjabarkan tentang sakit kepala sebelah atau sakit kepala migren ini dengan gaya umum, agar supaya bisa dimengerti dengan baik untuk teman-teman yang awam.

Latar Belakang tentang Sakit Kepala Migren

Menurut data epidemiologi penyakit ini dari Amerika (sayang kita tidak memiliki data penyakit ini dengan akurasi yang tinggi), ada sekitar 26 juta orang penderita sakit kepala migren, dan 80% darinya adalah kaum wanita ! Atau 1 diantara 5 wanita atau 1 diantara 16 orang pria adalah penderta sakit kepala migren ini.

(Source: Wikipedia, The Free Encyclopedia)

Dan menurut data juga bahwa 60% dari wanita yang penderita sakit migren ini ada hubungan erat dan bertepatan dengan masa datangnya haid bulanan. Sehingga dari aspek ini, sudah timbul kesimpulan bahwa sakit kepala migren pada kaum wanita ada kaitan dengan siklus hormon sex wanita, yaitu kadar hormon estrogen dan progesteron nya.

Sejarah Sakit Kepala Migren

Pada tahun 1500 Sebelum Masehi, tulisan pertama tentang sakit kepala  migren telah ditemukan dalam papirus Mesir. Pada tahun 200 Sebelum Masehi, gejalah sakit kepala  migren telah dilukiskan oleh Hipocrates, bapak kedokteran modern, yaitu adanya gangguan aura (pandangan) pada awal sebelum terjadinya serangan sakit migren, dan serangan sakit kepala migren akan mereda setelah penderitanya mengalami muntah.

Sakit kepala migren adalah suatu penyakit dengan sakit kepala hebat yang berlangsung dan akan berhenti sendiri setelah melalui tahapan serangan dengan gejalah yang khas.

Sekitar 15-30% penderita migren akan mengalami gejalah aura, yaitu adanya gangguan pada organ sensorik mata dan organ pengecapan atau organ penciuman, sebelum terjadi serangan migren, penderitanya sering mengalami gangguan pandangan mata, yaitu melihat bintang2 yang terang menyilaukan, atau hilangnya sebagian dari benda yang dilihat, atau akan mencium suatu bebauan yang khas sebelum terjadinya serangan migren.

Namun ada juga penderita migren yang tidak mengalami gejalah awal seperi yang dilukiskan diatas.

Derajat berat serangan, lama serangan dan jumlah serangan migren dalam suatu periode waktu adalah berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Serangan migren berlangsung antara beberapa jam hingga hari lamanya.

Apa Itu Sakit Kepala Migren ?

Sakit kepala migren yang klasik adalah terdiri dari 4 tahapan, meskipunn tidak semua serangan migrean akan melewati semua tahapan dibawah ini :

  1. Fase Prodromal, yaitu gejalah awal yang terjadi beberappa jam atau hari sebelum serangan sakait kepala migren terjadi
  2. Fase aura, yang terjadi beberapa saat sebelum serangan migren sesungguhnya terjadi
  3. Fase nyeri kepala, yaitu serangan migren yang sesungguhnya terjadi
  4. Fase postdromal, yaitu fase konsolidas atau fase penyembuhan, yang berarti serangan migren telah berakhir, namun banyak penderita melaporkan bahwa akan terjadi “after effect” seperti rasa nyeri dibekas tempat serangan migren, adanya gangguan berkonsentrasi beberapa hari setelah serangan migren, dan lain-lain efek  setelah serangan sakit migren

Jadi sebenarnya migren itu adalah gangguan khronnis pada sistim saraf yang disertai serangan sakit kepala yang sebelah, dengan rasa sakit yang sedang hingga berat, serangan ini bisa berulang, dan disertai tanda tanda gangguan saraf otonom, misalnya terjadinya aura pada penglihatan, pada organ penciuman dan organ perabaan.

Sakit kepalanya sangat khas, yaitu hanya pada satu sisi kepala saja dengan rasa nyeri berdenyut, berlangsung dari 2 jam hingga 72 jam lamanya.

Gejalah yang menyertai serangan sakit kepala migren ini adalah :

  • Rasa mual dan muntah
  • Photophobia -  silau melihat cahaya, sehingga sewaktu serangan migren, penderitanya lebih suka dan nyaman berdiam dikamar atau tempat yang gelap
  • Phonophobia - tidak suka suara atau keramaian, seperti diatas, mereka lebih suka dan nyaman ditempat yang gelap dan tenang
  • Gejalah aura - sebanyak sepertiga penderita migren akan mengalami gejalah saraf otonom ini, seperti gangguan pandangan, mencium sesuatu bebauan atau mendengar sesuatu, yang bertanda serangan migren akan segera terjadi

Ada paradiga yang mengatakan bahwa ” sakit kepala migren sering di alami oleh wanita yang berbadan kurus, tidak sabaran, dan bersifat perfeksionis !” Ini dikenal juga sebagai kepribadian migren

Apa Penyebab Sakit Kepala Migren ?

Pada dahulu kala, waktu orang tidak banyak mengerti tentang otak dan sistim saraf, apalagi mekanisme tentang bagaimana terjadinya sakit kepala migren, maka dikira bahwa penyebab sakit yang hebat ini adalah adanya roh jahat yang tinggal didalam tengkorak penderita migren, sehingga untuk menyembuhkan orang tersebut, maka roh jahat itu harus diusir keluar dari kepala orang tersebut.

Dengan cara apa mengusir roh jahat tersebut ?

(Source: Wikipedia, The Free Encyclopedia)

Yaitu dengan cara melubangi tengkorak (trepanasi) penderita migren dan diharapkan roh jahat yang berdiam dalam tengkorak dan menyebabkan sakit kepala migren akan keluar, dan orang itu akan sembuh dari sakit kepala migren !

Tentu pada zaman sekarang ini, cara melubangi tengkorak untuk mengusir roh jahat sudah tidak kita lakukan pada pengobatan penderita sakit kepala migren, karena sekarang ini kita telah mengetahui apa sebab terjadinya serangan sakit kepala migren..

Penyebab Sakit Kepala Migren

Penyakit sakit kepala migren adalah gabungan faktor genetik dan juga pengaruh lingkungan,

  • Hormonal - sekitar 2/3 kasus sakit kepala migren terjadi pada kaum wanita, dipercayakan karena turun naiknya kadar hormon seks wanita, yang terjadi secara teratur sesuai masa mentruasi, yaitu hormon estrogen dan progesteron, memppunyai pengaruh besar, karena pada saat pra pubertas, maka sakit kepala migren lebih banyak terjadi pada anak lelaki, tetapi akan menjadi 2 hingga 3 kali lipat penderita wanita daripada pria pada saat usia dewasa. Juga kajadian sakit kepala migren akan mereda pada saat masa kehamilan, meskipun mekanisme yang terjadi tidak diketahui dengan pasti.
  • Sel Saraf Neuron - Ada teori depolarisasi yang mengatakan. bahwa sakit kepala migren terjadi karena meningkatnya sensitifitas kulit otak (kortek selebri) dan pengendalian rasa nyeri yang tidak normal dari sel saraf neuron yang terdapat di saraf trigeminus yang berada di batang otak manusia. Ini dibuktikan dengan pemeriksaan gambaran otak (PET Scan)
  • Sirkulasi darah otak - ada teori yang berpendapat bahwa bila tejadi penyempitan pembuluh darah sehingga bagian otak tertentu kekurangan suplai darah dan oksigen, maka hal ini akan mencetuskan serangan sakit kepala migren  
  • Hormon Serotonin - hormon serotonin ini berperan mengatur fungsi otak seperti mood, pengendalian rasa nyeri,  dorongan seksual dan pola tidur bangun manusia. Kekurangan serotonin akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah otak dan menyebabkan serangan sakit kepala migren
  • Makanan dan obat-obatan - Ada bukti bahwa serangan migren bisa dicetuskan dengan makanan mengandung gluten dan juga pemberian MSG pada makanan, pada beberapa orang lain, maka alkohol, anggur merah,  efek ketagihan caffein dari kopi dan faktor lapar dan hipoglikemia bisa menjadi pencetus serangan migren. Yang tidak terbukti adalah sensitif terhadap makanan seperti chokelat dan keju. Juga beberapa jenis obat-obatan seperti histamin, tyramine (banyak dalam daging, keju dan makanan yang diragi) dan nitrate atau nitrite, bisa menjadi pencetus serangan migren
  • Hubungan antara tidur dan serangan sakit kepala migren - Dalam riset tentang tidur, juga ditemukan fakta, bahwa kekurangan tidur atau tidur yang terlalu lama, kedua hal ini bisa mencetuskan serangan sakit kepala migren, meskipun mekanisme sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun dengan mengatur jumlah jam tidur kita, maka serangan migren bisa kita hindarkan.
  • Hal lain penyebab serangan migren - Perubahan cuaca, ada sekitar 65% penderita migren berpendapat bahwa perubahan cuaca akan mencetuskan serangan migren mereka. Bahkan ada yang mengatakan kalau mencuci rambut keramas, akan mencetuskan serangan migren !

Jadi cukup banyak teori yang coba menjelaskan bagaimana serangan sakit kepala migren ini terjadi, mengapa ada aura sebelum terjadi serangan migren dan juga mengapa ada “after effect” setelah serangan migren selesai.  

Pengobatan Sakit Kepala Migren

Ada 3 hal yang harus kita perhatikan dalam tatalaksana perawatan penderita sakit kepala migren, yaitu :

  • Menghindari faktor pencetus serangan migren - Umumnya penderita migren sudah tahu jenis faktor pencetus apa saja yang menjadi penyebab serangan migren mereka, dengan menghindari faktor pencetus ini, akan sangat membantu memperbaiki kualitas hidup dan kinerja mereka
  • Mengobati saat serangan migren terjadi - Pengobatan dengan obat analgetik memang sangat efektif, terutama saat awal  serangan migren, namun terlalu sering mempergunakan obat-obatan analgetik, akan menyebabkan terjadi yang disebut “medication overuse headache“  sehingga serangan migren akan menjadi semakin sering dan semakin hebat dikemudian hari, ini terjadi dengan obat golongan triptan, ergotamin dan analgetik umumnya.
  • Pencegahan serangan migren dengan obat-obatan dan akupunktur, pijat urut juga relaksasi dan meditasi untuk menghilangkan faktor stress mentall dan fisik yang seringkali juga menjadi faktor pencetus serangan migren pada mereka yang sensitif akan efek psikologi ini.

Diet Untuk Penderita Sakit Kepala Migren

Dalam penelitian penyakit sakit kepala migren, juga dilakukan penelitian terhadap berbagai jenis makanan yang selain bisa menjadi pencetus serangan migren, juga penelitian terhadap jenis makanan dan diet yang bisa membantu mengurangi serangan sakit kepala migren.

Sudah dibuktikan bahwa dengan menghindari makanan tertentu, maka akan mengurangi jumlah serangan migren hingga batas yang cukup berarti bagi penderita migren ini.

Berikut ini adalah sebuah penelitain yang dilakukan oleh para ilmuwan dan di publikasikan dalam majalah kedokteran “Lancet” pada tahun 1979, yang melibatkan kurang lebih 60 orang penderita migren, yang diberikan makanan yang tidak mengandung jenis makanan tertentu, maka pada akhir penelitian disimpulkan bahwa  dengan menghindari makanan tertentu itu, maka jumlah serangan migren juga derajat berat serangan migren menjadi sangat berkurang dan membantu mereka dalam aktifitas harian mereka yang bebas dari gangguan migren dann efek  setelah serangan migren “after effect of migraine attack“.

Makanan harian apa saja yang bisa menjadi pencetus serangan sakit kepala migren ?

  • Makanan gandum - 78%
  • Jeruk - 65%
  • Telur - 45%
  • Teh dan kopi - 40%
  • Chokolat dan susu - 37%
  • Daging - 35%
  • Jagung,  gula tebu dan ragi - 33%

Ketika mereka menghindari makanan harian yang disebutkan diatas, maka jumlah serangan sakit kepala migren per bulan menjadi turun secara dramatis, bahkan 85% pendertia menjadi benar-benar bebas serangan migren sejak saat itu. Dan efek positif tambahan adalah, bahwa 25% penderita migren juga mengalami penurunan tekanan darah menjadi normal kembali.

Sebuah penelitian lain yang dilakukan dengan metode cara mengacak, tersamar ganda dan berpasangan, yang hasilnya diterbitkan pada tahun 2010, yang menyimpulkan bahwa dengan diet seperti diatas dengan menghindari makanan pencetus serangan migren, yang dilakukan selama 6 minggu, menghasilkan penurunan jumlah dan derajat keparahan serangan migren yang signifikan secara statistik.

Jadi jika Anda sudah merasa bahwa serangan migren Anda akan mulai setelah menyantap jenis makanan tertentu, maka mulailah hindarkan jenis makanan tersebut dari daftar makanan Anda.

Juga ingat, bahwa Anda mungkin juga sensitif terhadap zat tambahan dalam makanan seperti warna buatan artifisial, zat pengawet makanan, zat perasa dan MSG atau mono sodium glutamata atau vetsin.

Jika kita mencurigai bahwa kita alergi terhadap makanan tetapi tidak mengetahui dengan tepat jenis yang mana, maka kita bisa lakukan dengan diet yang tanpa  makanan yang kita curigai, lakukan ini terus menerus beberapa minggu, dan setelah itu perhatikan, apakah dengan menghilangkan jenis makanan yang kita curigai akan ada perbaikan terhadap  penyakit sakit kepala migren kita.

Untuk memastikan bahwa jenis makanan atau minuman itu sebagai penyebab pencetus serangan migren, maka kita mencoba konsumsi lagi makanan atau minuman tersebut dalam keadaan perut yang kosong, dan perhatikan lagi, kalau memang makanan atau minuman itu adalah penyebabnya, karena dalam hitungan jam, maka kita akan merasakan gejalah alergi itu lagi, seperti  misalnya rasa kembung atau menjadi mengantuk, dan juga perhatikan sejak itu apakah frekuensi serangan migren kembali lagi seperti sebelum kita melakukan uji coba diet ini.

Diet Yang Cocok Untuk Penderita Sakit Kepala Migren

Banyak orang yang berhasil mengatasi gangguan sakit kepala migren dengan yang disebut “paleo diet” , yaitu diet yang menggunakan bahan makanan yang belum diproses atau diolah secara industri, artinya makanan yang segar, tanpa diolah dengan bahan kimia, seperti buah-buahan dan sayuran organik segar, daging yang berasal dari ternak padang rumput, ikan dari tangkapan alam, bukan ikan dari peliharaan empang, juga minyak dan lemak tumbuhan yang organik. Secara singkat dan gamblang, adalah semua jenis makanan yang sehat yang tidak tersentuh oleh proses industri kimiawi manusia.

Kemudian :

  • Hindari bahan makanan mengandung gluten
  • Hindari salah satu jenis makanan diatas yang di publikasi “Lancet”, yang menjadi penyebab pencetus serangan migren Anda
  • Hindari pemanis buatan, seperti aspartame
  • Konsumsi bahan makanan segar dan tidak diolah secara industri kimiawi
  • Konsumsi paling sedikit 1/3 makanan kita dalam bentuk apa adanya,
  • Konsumsi bahan makanan organik, bebas dari zat aditive seperti zat warna, zat perasa, zat pengawet makanan dan zat pemanis buatan
  • Konsumsi karbohidrat dari bahan sayuran (kecuali dari jagung dan kentang yang harus dihindari), yang akan memperbaiki leptin dan mengendalikan hormon insulin, sehingga juga memperbaki keadaan serangan sakit kepala migren

Bahan Suplemen Yang Membantu Mengatasi Serangan Migren

  • Magnesium - yang bisa membuat pembuluh darah relaksasi menjadi lebar, sehingga menjamin suplai darah dan oksigen ke sel neuron otak dan dapat menghindari serangan migren
  • Vitamin B2 atau Riboflavin
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Asam folat

Kombinasi pemberian vitamin B dengan Asam folat, dalam uji klinik yang dilakukan dapat mencegah dan mengurangi frekuensi serangan dan lama serangan migren pada hampir diatas 50% penderita migren, hanya saja ini memerlukan waktu sekitar beberapa minggu sebelum kita dapat merasakan efek dan manfaat kombinasi vitamain B ini untuk membantu kita mencegah terjadinya serangan migren.

Dan terakhir, tentu juga pola hidup sehat, berolah raga secara teratur, istirahat yang cukup, menghindari stress emosi dan fisik, sehingga tubuh kita juga organ otak, akan selalu mendapat input dan asupan darah dan oksigen yang cukup, yang tentunya akan menjaga fungsi normal  dan elastisitas pembuluh darah tubuh kita, termasuk pembuluh darah otak, sehingga dengan demikian akan banyak memberikan kontribusi positif untuk mencegah terjadinya serangan sakit kepala migren.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Menjelajah Pulau Karang Terbesar di …

Dizzman | | 31 October 2014 | 22:32

Menjawab Keheranan Jokowi …

Raden Suparman | | 31 October 2014 | 08:42

Hati Bersih dan Niat Lurus Awal Kesuksesan …

Agung Soni | | 01 November 2014 | 00:03

Rayakan Ultah Ke-24 JNE bersama Kompasiana …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 12:53


TRENDING ARTICLES

Susi Mania! …

Indria Salim | 6 jam lalu

Gadis-Gadis berlagak ‘Murahan’ di Panah …

Sahroha Lumbanraja | 8 jam lalu

Pramugari Cantik Pesawat Presiden Theresia …

Febrialdi | 10 jam lalu

Kerusakan Demokrasi di DPR, MK Harus Ikut …

Daniel H.t. | 11 jam lalu

Dari Pepih Nugraha Untuk Seneng Utami …

Seneng | 11 jam lalu


HIGHLIGHT

Sengkuni dan Nilai Keikhlasan Berpolitik …

Efendi Rustam | 9 jam lalu

Wakatobi, Potongan Surga yang Jatuh ke Bumi …

Arif Rahman | 9 jam lalu

Danau Poso, Keelokannya Melahirkan Rindu …

Jafar G Bua | 10 jam lalu

Politik Saling Sandera …

Salman Darwis | 11 jam lalu

Bank Papua, Sponsor Tunggal ISL Musim Depan …

Djarwopapua | 12 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: