Back to Kompasiana
Artikel

Medis

Agar Kulit Tetap Sehat, Cerah Dan Bersinar

OPINI | 12 December 2012 | 09:03 Dibaca: 2402   Komentar: 0   0

Semakin bertambah usia, kita harus lebih sering merawat kulit agar dapat tetap mempertahankan kulit sehat. Faktor usia mempengaruhi regenerasi kulit dan sel yang terjadi, setiap 28 - 45 hari kulit kita tergantung usia, semakin bertambah usia akan semakin lambat. Oleh karena itu seiring dengan pertambahan usia, masalah kulit akan semakin komplek. Masalah-masalah kulit yang sering terjadi antara lain:

  1. Kulit kendor; keadaan ini menandakan semakin lemah nya kekuatan metabolisme kulit
  2. Kulit kusam; keadaan ini dapat disebabkan oleh banyaknya kulit mati yang tidak terangkat di kulit
  3. Warna kulit tidak merata dan timbul vlek atau disebut dikenal dengan sebutan hiperpigmentasi;  keadaan ini disebabkan karena pertambahan usia, pemakaian hormon, kehamilan, paparan sinar uv dan pemakaian kosmetika dengan bahan tertentu.
  4. Kering dan keriput; keadaan disebabkan kulit kehilangan kelembaban dan juga merupakan tanda-tanda penuaan dini kulit

Dari beberapa masalah kulit diatas yang menjadi permasalahan kulit saya adalah mulai timbul noda hitam atau vlek di wajah. Pertama kali tahu muncul adanya vlek juga dari seorang teman yang bertanya ” ada apa kok wajah saya kenapa gelap dan ada vlek hitam. Saat itu yang ada dalam pikiran saya , ” wah salah satu tanda umur nih (terus terang agak sedikit syok juga ), tapi saya juga heran kok tumben teman saya bicara hal tersebut padahal tiap hari selalu ketemu dan bertatapan wajah. Untungnya teman saya seakan bisa membaca pikiran, lalu berkata “biasanya kan cerah”, wah jadi agak sedikit lega jadinya :) sayapun teringat ternyata kemarin cuaca sangat panas dan saya harus berpanas-panasan di bawah sinar matahari dan inilah yang menjadi pemicunya.

Vlek atau hiperpigmentasi merupakan keadaan menggelapnya  warna kulit tubuh karena peningkatan yang berlebihan zat warna kulit yang disebut melanin.  Melanin ini berperan untuk memproduksi pigmen warna pada tubuh seperti mata, kulit dan rambut. Melanin ini dihasilkan oleh  sel yang disebut melanosit yang berada di lapisan bawah kulit yang disebut epidermis. Melanin ini berfunsi sebagai pelindung kulit sehingga kita dapat terhindar dari kanker kulit.

Pada kulit ada beberapa jenis Hiperpigmentasi antara lain :

  1. Coffee-colored birth mark. Disebut juga tanda lahir, adalah perubahan warna pada kulit yang hadir saat kelahiran, atau segera sesudahnya. Ada kemungkinan tanda ini akan hilang  seiring dengan berjalannya dengan waktu  dan ada juga yang bersifat keturunan.
  2. Lentigines. Dikenal juga sebagai age spots, adalah munculnya bintik-bintik coklat pada kulit seiring dengan penuaan usia. Biasanya disebabkan oleh kulit yang terkena sinar matahari selama bertahun-tahun dan bisa didapati pada bagian belakang lengan, leher dan wajah.
  3. Ephelides atau freckles. Makula kecil kecoklatan berkisar 1-5 mm ini paling sering ditemukan di daerah terkena sinar matahari, seperti hidung, pipi, bahu, dan punggung bagian atas.
  4. Melasma. Bercak coklat pada wajah yang biasa terletak di dahi, pelipis dan pipi, muncul terutama pada wanita hamil atau pada wanita yang mengambil kontrasepsi oral. Umumnya juga dialami oleh orang dengan kulit gelap dan dapat berlangsung cukup lama sedangkan pada ibu hamil dapat hilang setelah masa kehamilan.
  5. Post-inflammatory pigmentation. Kondisi kulit seperti ini terjadi pada kulit setelah sembuh dari peradangan seperi infeksi kulit, reaksi alergi, cedera, reaksi terhadap obat, luka bakar, atau reaksi inflamasi (misalnya jerawat dan dermatitis).

Untuk mencegah dan mengatasi hiperpigmentasi tersebut dapat kita lakukan dengan:

  1. menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah/kulit dari paparan sinar UV tersebut.
  2. Melakukan perawatan kulit secara teratur dan benar
  3. Mengunakan kosmetika dan produk pencerah kulit yang aman dan sesuai dengan kulit
  4. Ke dokter ;Bila hiperpigmentasi masih terus berlanjut  karena hiperpigmentasi ini juga bisa berkaitan dengan kondisi suatu penyakit tertentu.

Untuk kasus saya tersebut, awalnya saya bingung juga  memilih produk pencerah wajah karena banyak beredar produk-produk sejenis di pasaran.  Dasar pertimbangan saya tentunya aman danterjangkau. Saya menyukai produk-produk yang berbahan dasar alami karena relatif aman dan tidak keras buat kulit. Dulu juga sewaktu kuliah punya pengalaman mengatasi akibat terkena sinar matahari dengan rajin menggunakan madu sebagai masker. Tapi seiring dengan pertambahan usia, pengaruh hormon dan faktor psikologis cara itu harus ditambah dengan menggunakan produk-produk pencerah dan pencegah vlek atau hiperpigmentasi supaya tidak semakin meluas dan dapat segera diatasi. Sayapun tidak mau membiarkan vlek/hiperpigmentasi  ini menjadi meluas karena akan semakin sulit untuk mengatasinya dan juga saya tidak mau kulit saya menjadi keriput akibat hiperpigmentasi maka saya memilih produk  pencerah berbahan dasar alami Biokos Derma Bright series.

BIOKOS DERMA BRIGHT SERIES

1353414412105762239

Biokos Derma Bright series adalah rangkaian produk untuk mengatasi dan mencegah hiperpigmentasi pada kulit dengan menggunakan teknologi total brightening complex yang dapat mengurangi/menipiskan flek dan mencegah flek kembali membuat wajah menjadi cerah dan segar karena kombinasi dari bahan-bahan alami yaitu Arbutin, saccharomyces/xylinum/black tea complex dan ekstrakt humulus lupulus (Hops). Yuk kita mengenal lebih jauh bahan-bahan tersebut agar kita merasa yakin dan aman untuk menggunakannya.

1. Arbutin adalah senyawa biosintensis yang didapat dari ekstraksi tanaman bearberry atau tanaman lain seperti gandum dan juga buah pir. Untuk produk biokos ini menggunakan arbutin hasil ekstraksi dari bearberry.  Arbutin dapat menghambat tirosinase sehingga menghambat pembentukan melanin dan efektik sebagai pencerah kulit.  Arbutin ini sangat aman dan tidak bersifat toksik untuk pemakaian luar dan merupakan generasi baru dalam dunia kosmetik pencerah yang sangat efektif.

13552700631810305649

2. Saccharomyces/Xylinum/black tea; Dari fermentasi teh hitam menggunakan mikroorganisme saccharomyces dan Acetobacter xylinum akan menghasilkan senyawa biosintesis yang dapat meningkatkan metabolisme kulit sehingga kulit menjadi cerah dan bersinar. Dari fermentasi tersebut antara lain dapat menghasilkan senyawa yang mengandung asam amino  yang penting dalam proses pembelahan sel dan memperbaiki jaringan yang rusak , asam nukleat  untuk meningkatkan regenerasi sel yang baik juga vit B dan C yang bersifat anti oksidan.Fermentasi dari black tea/ rosella tea dengan menggunakan larutan gula dan microorganisme acetobacter xylinum dapat menghasilkan jamur yang di gunakan  dan efektif untuk kegiatan perut dan usus dan di propinsi Rusia Baltic yaitu di Livland dan Kurland mempunyai obat tradisional dari jamur ini yang disebut “Brinum” atau jamur ajaib

3. Ekstrakt Humulus lupulus ( Hops) adalah spesies dari Humulus dari keluarga cannabaceae

Bagian yang digunakan dari tanaman ini adalah bunga. Di Eropah tanaman ini di budidayakan di Jerman, Inggris, Polandia dan Ceko. sedangkan Asia di budidayakan di daerah tertentu Cina sampai batas tertentu Jepang

Ektrak humulus lupulus , pada kulit berfungsi untuk menghilangkan vlek dan mencegah fek datang kembali. Selain digunakan sebagai bahan dasar bir ,Ekstrak dari tanaman ini juga dipakai sebagai pengobatan herbal untuk penyakit seperti nyeri, disentri, anti bahteri, TBC merupakan sebagai anti kanker herbal.

Dengan kandungan ketiga bahan aktif alamiah tersebut yang bekerja Sebelum Proses Pembentukan Melanin ,selama proses dan  setelah proses  pembentukan melanin dan  melibatkan komunikasi antar sel dan interaksi melanin  dari 
melanosit ke keratinosit. Ekstrak Humulus Lupulus (Hops) akan memutus komunikasi antara melanosit dan keratinosit, sehingga menghambat interaksi tersebut. Saat Proses Pembentukan Melanin ,Arbutin akan menghambat biosintesis melanin dijaringan epidermis, dengan mencegah proses oksidasi enzim tirosin dan Dopa. Setelah Melanin terbentuk Saccharomyces/Xylinum Black Tea Complex meningkatkan kemampuan
kulit agar terlihat lebih bening dan cerah. Ekstrak Humulus Lupulus adalah bahan alami yang telah teruji secara klinis dapat mengurangi  flek-flek pada wajah. Kombinasi Humulus Lupulus dengan Alpha Arbutin
terbukti mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit dan mencegahnya muncul kembali. Kandungan Bio Brightening Complex™ dengan Saccharomyces Xylinum Black Tea membantu meningkatkan kecerahan kulit dan membuat kulit bercahaya.

Biokos Derma Brights series ini sangat cocok untuk semua jenis kulit dan ditujukan bagi yang berumur 25 tahun ke atas dan juga aman digunakan oleh ibu hamil. Terdiri dari 5 rangkaian produk yang berbentuk cairan, serum dan krim dengan formulasi yang lembut sehingga mudah diaplikasikan dan menyerap kedalam kulit.  Ke 5 Rangkaian produk tersebut saya urutkan berdasarkan urutan pemakaian yaitu

  1. Biokos Derma Bright Intensive Brigtening Cleanser berfungsi membersihkan wajah dan mengangkat kulit mati sekaligus menutrisi kulit sehingga kulit menjadi semakin cerah. Dipakai 2 X sehari pada pagi hari dan sebelum tidur.
  2. Biokos Derma Brigth Intensive Toner merupakan penyegar yang dipakai setelah wajah dicuci dengan biokos derma brigth intensive cleanser. Pembersih maupun penyegar dari biokos derma bright ini tidak mengandung paraben dan bebas alkohol dan mudah diaplikasikan ke kulit.
  3. Biokos Derma Brigth Intensive Brigtening Serum berfungsi menutrisi kulit dengan kandungan bahan aktif biokos derma bright sehingga memberi efek dapat mengurangi vlek, mencerahkan kulit, memperlambat tanda-tanda penuaan kulit sehingga kulit menjadi sehat, cerah dan bercahaya. sebaiknya digunakan 2x sehari pada pagi hari sebelum menggunakan brigtening day cream dan malam hari sebelum menggunakan brightening night krim setelah wajah dicuci bersih.
  4. Biokos Derma Brigth Intensive brightening Day Cream SPF 25 digunakan pada pagi hari sebelum kita melakukan aktivitas kita sehari-hari digunakan untuk melindungi dari sinar UV sehingga mencegah timbulnya vlek.
  5. Biokos Derma Brigth Intensive Night Cream digunakan pada malam hari untuk menutrisi kulit sehingga semua khasiat dari bahan-bahan aktif dapat efektif bekerja terlebih pada malam hari sangat dibutuhkan untuk regenerasi kulit.

Produk ini dikemas dengan teknologi kemasan kedap udara, untuk menjaga produk tetap higienis dan mempertahankan kualitas formula produk selama pemakaian. Untuk Produk Biokos derma bright cleanser dan toner di jual dengan harga Rp 130.000, serum dengan harga Rp. 250.000,- dan krim malam dan pagi Rp. 175.ooo,-. Harga keseluruhan produk relatif mahal tetapi bisa terjangkau karena mengandung bahan alami yang efektif untuk pencerah wajah  dan aman dibandingkan dengan produk luar yang harganya jauh lebih mahal. Ataupun produk yang lebih murah tetapi kurang efektif dan kurang aman bagi kulit.

Hal-hal tersebut diatas membuat saya pun merasa yakin untuk menggunakanya dan cocok di wajah saya, tidak membuat kulit wajah saya berminyak, bedak juga menempel dan menyatu dengan baik di wajah. Karena saya tidak menyukai memakai alas bedak maka pelembab yang saya pakai harus bisa membuat bedak menempel merata dikulit dan rata, karena kalau tidak cocok maka bedak saya tidak menempel di wajah dan membuat wajah kelihatan “cemongan”. Wajah juga  terasa lebih segar dan terlihat lebih cerah  dan juga  terasa ringan.  Selain menggunakan produk perawatan tersebut diatas kita juga  harus juga mengimbangi dengan menjaga pola hidup sehat, mengkomsumsi banyak air putih, makanan, sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung anti oksidan dan zat lain yang dibutuhkan oleh kulit.

Daftar Pustaka

Biokos.com

Kompas.com

Wikipedia.com

Facebook Biokos Martha Tilaar

herbalgram.org

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Mencintai Alam Ala Kebun Wisata …

Rahab Ganendra 2 | | 31 October 2014 | 23:42

Tim Jokowi-JK Masih Bersihkan Mesin Berkarat …

Eddy Mesakh | | 01 November 2014 | 06:37

Bahaya… Beri Gaji Tanpa Kecerdasan …

Andreas Hartono | | 01 November 2014 | 06:10

Gedung New Media Tower Kampus UMN, Juara …

Gapey Sandy | | 31 October 2014 | 19:12

Ayo Wujudkan Rencana Kegiatan Sosialmu …

Kompasiana | | 31 October 2014 | 10:19


TRENDING ARTICLES

Pramono Anung Sindir Koalisi Indonesia Hebat …

Kuki Maruki | 4 jam lalu

Keputusan MK Tentang MD3 Membuat DPR Hancur …

Madeteling | 5 jam lalu

Karena Jokowi, Fadli Zon …

Sahroha Lumbanraja | 6 jam lalu

Sengkuni dan Nilai Keikhlasan Berpolitik …

Efendi Rustam | 8 jam lalu

Susi Mania! …

Indria Salim | 12 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: