Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Club Air Mineral

Air Minum Dalam Kemasan

Tips Menghindari Dehidrasi

REP | 08 February 2013 | 10:15 Dibaca: 1339   Komentar: 0   3

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, maka dapat dipastikan kesehatan orang tersebut mulai menurun. Pada tahap dehidrasi ringan, kondisi tubuh akan mulai kehilangan rasa nyaman. Gejala tersebut ditandai dengan rasa lemas, cepat lelah, haus, hingga kram otot. Dehidrasi juga dapat menyebabkan rasa pusing di kepala saat berdiri, karena tekanan darahnya menurun. Jika sudah sampai tahap dehidrasi berat, maka seseorang dapat mengalami penurunan bahkan kehilangan kesadaran, hingga kerusakan otak.

Untuk menghindari gejala dehidrasi tersebut, berikut ini tips yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Minum sebelum haus

Tubuh yang haus menunjukkan bahwa tubuh mulai mendekati kondisi dehidrasi. Pada umumnya, seseorang baru mulai minum jika dirinya sudah merasa haus. Kondisi tubuh yang sehat adalah kondisi dimana cairan tubuh dapat selalu terpenuhi. bahkan saat seseorang belum merasa haus sama sekali.

  • Utamakan air mineral, bukan minuman manis

Minuman yang mempunyai rasa manis memang dapat memberikan kesegaran disaat dahaga, namun minuman yang berasa manis juga dapat membawa kelebihan kalori yang dapat merugikan kesehatan. Akan lebih baik jika lebih banyak minum air mineral, dari pada minuman yang manis.

  • Bawa selalu botol air minum

Kebiasaan membawa air mineral dalam botol akan memberikan kesempatan kapanpun untuk memenuhi cairan tubuh. Kebiasaan tersebut juga dapat membantu untuk meminum air mineral secara teratur sebelum merasa haus

  • Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dingin dari lemari es bukanlah ide yang bagus untuk dikonsumsi saat merasa haus. Alkohol hanya memberikan kesegaran di awal saja. Jika itu sering dilakukan, maka menyebabkan penyakit diuretik dan menyebabkan sering buang air kecil.

  • Buatlah jadwal pengingat

Saat seseorang terlalu sibuk beraktivitas, terkadang mereka lupa untuk tetap minum teratur. Aturlah waktu atau pengingat, misalnya menggunakan alarm untuk memberitahu saat waktunya untuk minum. Sangat berguna saat Anda membawa botol air minum yang dapat diisi ulang.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pecahnya “Kapal” PPP dan Upaya …

Irham Wp | | 20 April 2014 | 03:26

Bisakah Membangun Usaha Tanpa Uang? …

Maskal Novessro | | 20 April 2014 | 08:52

Ketika Rupiah Tidak Lagi Dianggap sebagai …

Dhita Arinanda | | 20 April 2014 | 05:10

Musafir; Aku Pasti Pulang …

Elkhudry | | 20 April 2014 | 06:29

[Puisi Kartini] Petunjuk Akhir Event Puisi …

Fiksiana Community | | 20 April 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Gara-gara Amien Rais Mental Prabowo dan …

Mas Wahyu | 6 jam lalu

PDI-P Sudah Aman, tapi Belum Tentu Menang …

El-shodiq Muhammad | 8 jam lalu

Rapor TimNas U-19 Usai Tur Timur Tengah dan …

Hery | 20 jam lalu

Nasib PDIP Diujung Tanduk …

Ferry Koto | 20 jam lalu

Alumni ITB Berkicau, Demo Mahasiswa ITB …

Hanny Setiawan | 21 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: