Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Club Air Mineral

Air Minum Dalam Kemasan

Tips Menghindari Dehidrasi

REP | 08 February 2013 | 10:15 Dibaca: 1371   Komentar: 0   3

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Saat mengalami dehidrasi, maka dapat dipastikan kesehatan orang tersebut mulai menurun. Pada tahap dehidrasi ringan, kondisi tubuh akan mulai kehilangan rasa nyaman. Gejala tersebut ditandai dengan rasa lemas, cepat lelah, haus, hingga kram otot. Dehidrasi juga dapat menyebabkan rasa pusing di kepala saat berdiri, karena tekanan darahnya menurun. Jika sudah sampai tahap dehidrasi berat, maka seseorang dapat mengalami penurunan bahkan kehilangan kesadaran, hingga kerusakan otak.

Untuk menghindari gejala dehidrasi tersebut, berikut ini tips yang dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Minum sebelum haus

Tubuh yang haus menunjukkan bahwa tubuh mulai mendekati kondisi dehidrasi. Pada umumnya, seseorang baru mulai minum jika dirinya sudah merasa haus. Kondisi tubuh yang sehat adalah kondisi dimana cairan tubuh dapat selalu terpenuhi. bahkan saat seseorang belum merasa haus sama sekali.

  • Utamakan air mineral, bukan minuman manis

Minuman yang mempunyai rasa manis memang dapat memberikan kesegaran disaat dahaga, namun minuman yang berasa manis juga dapat membawa kelebihan kalori yang dapat merugikan kesehatan. Akan lebih baik jika lebih banyak minum air mineral, dari pada minuman yang manis.

  • Bawa selalu botol air minum

Kebiasaan membawa air mineral dalam botol akan memberikan kesempatan kapanpun untuk memenuhi cairan tubuh. Kebiasaan tersebut juga dapat membantu untuk meminum air mineral secara teratur sebelum merasa haus

  • Hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir dingin dari lemari es bukanlah ide yang bagus untuk dikonsumsi saat merasa haus. Alkohol hanya memberikan kesegaran di awal saja. Jika itu sering dilakukan, maka menyebabkan penyakit diuretik dan menyebabkan sering buang air kecil.

  • Buatlah jadwal pengingat

Saat seseorang terlalu sibuk beraktivitas, terkadang mereka lupa untuk tetap minum teratur. Aturlah waktu atau pengingat, misalnya menggunakan alarm untuk memberitahu saat waktunya untuk minum. Sangat berguna saat Anda membawa botol air minum yang dapat diisi ulang.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Belajar Tertib Anak-anak Jepang di Taman …

Weedy Koshino | | 01 September 2014 | 14:02

Karet Loom Bands Picu Kanker …

Isti | | 01 September 2014 | 20:48

Manajemen Pergerakan dan Arah Perjuangan …

Jamesallan Rarung | | 01 September 2014 | 22:12

Florence …

Rahab Ganendra | | 01 September 2014 | 19:09

9 Kompasianer Bicara Pramuka …

Kompasiana | | 01 September 2014 | 13:48


TRENDING ARTICLES

Ratu Atut [Hanya] Divonis 4 Tahun Penjara! …

Mike Reyssent | 9 jam lalu

Benarkah Soimah Walk Out di IMB Akibat …

Teguh Hariawan | 10 jam lalu

Kisah Nyata “Orang Vietnam Jadi …

Tjiptadinata Effend... | 12 jam lalu

Pak Jokowi, Saya Jenuh Bernegara …

Felix | 15 jam lalu

Dilarang Parkir Kecuali Petugas …

Teberatu | 17 jam lalu


HIGHLIGHT

V2 a.k.a Voynich Virus (Part 21) …

Ando Ajo | 9 jam lalu

Koalisi Merah Putih di Ujung Tanduk …

Galaxi2014 | 10 jam lalu

Pemuda Solusi Terbaik Bangsa …

Novri Naldi | 11 jam lalu

Rasa Yang Dipergilirkan …

Den Bhaghoese | 11 jam lalu

Kisah Rhoma Irama “Penjaga …

Asep Rizal | 11 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: