Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Ucu Sutarsa

Your body is your home

Tips untuk Meningkatkan Nafsu Makan

OPINI | 18 January 2013 | 10:01 Dibaca: 3275   Komentar: 0   0

Kita lebih sering mendengar tentang orang-orang yang sedang mencoba mengurangi berat badan atau mencari cara untuk mengurangi nafsu makan mereka.

Tapi ada juga sejumlah besar orang yang sedang berusaha untuk meningkatkan nafsu makan mereka.

Orang-orang yang memiliki kondisi-kondisi medis misalnya kelenjar thyroid yang terlalu aktif atau gangguan-gangguan lain, bisa hidup dengan suatu pertarungan saat tiba waktunya untuk menambah berat badan dan mempertahankannya.

Juga ada sejumlah gangguan lain yang bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang. Untuk alasan ini, penting bagi orang-orang, yang hidup dengan salah satu dari masalah ini, untuk belajar cara-cara menigkatkan nafsu makan mereka.

Berikut ini beberapa saran yang mungkin membantu bagi siapapun yang sedang berjuang dengan ketidak mampuannya untuk menambah berat badan atau meningkatkan nafsu makan yang sehat:

Hindari Asupan Cairan Sebelum Makan

Karena dengan meminum air atau cairan-cairan lain itu bisa menyebabkan anda merasa kenyang, adalah suatu ide yang sangat buruk untuk mengonsumsinya sebelum makan.

Studi-studi menunjukkan bahwa orang-orang yang minum 2-8 ons gelas air sebelum setiap kali makan itu kehilangan 5 pound tambahan dibanding orang-orang yang tidak minum air sebelum makan.

Yang jelas, jika anda sedang mencoba untuk meningkatkan nafsu makan, anda pasti tidak sedang berusaha mengurangi berat badan. Pastikan anda mengingat hal ini dan hindari meminum cairan-cairan yang tidak perlu sebelum makan.

Jika anda merasa haus, anda mungkin bisa minum beberapa teguk air saat makan, tapi simpan dulu sisanya untuk setelah anda selesai makan. Ini akan membantu anda untuk mengonsumsi sejumlah besar makanan saat perut anda tidak cukup mudah untuk menjadi kenyang.

Anda juga tentu ingin menghindari minuman yang mengandung gula misalnya soda atau jus buah karena ini secara otomatis akan mengurangi nafsu makan dan menyebabkan anda merasa kenyang.

Minuman-minuman yang mengandung kafein, yang juga dikenal sebagai penekan nafsu makan, seharusnya dihindari dengan segala cara.

Berolahraga Meningkatkan Nafsu Makan

Semua jenis latihan yang meningkatkan detak jantung anda akan membakar kalori. Saat anda membakar kalori, anda merangsang nafsu makan dan meningkatkan keinginan anda untuk makan.

Harap di ingat bahwa anda akan ingin memakan suatu asupan kalori yang lebih tinggi sebelum berolahraga, untuk memastikan bahwa anda tidak membakar semua yang sudah anda makan.

Dokter anda akan mampu untuk menyarankan makanan-makanan yang dirancang khusus untuk orang-orang yang sedang mencoba menambah berat badan dan ingin meningkatkan nafsu makannya dengan cara berolahraga.

Biasanya, makanan-makanan yang tinggi dalam karbohidrat itu adalah pilihan-pilihan yang sempurna, selain itu dari makanan-makanan yang tinggi protein.

Sekalipun jika anda tidak merasa lapar, yang mungkin disebabkan karena nafsu makan anda yang memang sudah kurang, pastikan anda memaksakan diri untuk makan suatu snack tinggi kalori sebelum berolahraga.

Supplement Vitamin B

Sebuah studi besar yang dilakukan di University of Chicago mencatat suatu peningkatan asupan kalori yang signifikan pada anak-anak yang meminum supplement vitamin B.

Ada sejumlah supplement vitamin B yang tersedia di pasaran. Pastikan untuk membaca label pada supplement apapun yang anda beli untuk memastikan bahwa anda memilih yang dosisnya minimal 100 mg atau lebih per hari untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, vitamin B memainkan suatu peranan dalam meningkatkan level energi anda, sehingga menginspirasi anda untuk sedikit lebih aktif jika anda sedang berada pada suatu proram latihan fisik.

Vitamin B juga dikenal mampu membantu meningkatkan mood yang mungkin efektif untuk orang-orang yang menderita suatu kehilangan nafsu makan yang disebabkan oleh depresi mental.

Fakta Tentang Zinc

Ada banyak studi yang dilakukan mengenai zinc dan efeknya yang mungkin diberikannya terhadap nafsu makan seseorang.

Studi-sudi ini telah menemukan bahwa orang-orang yang menderita kekurangan zin itu mungkin menemukan bahwa rasa dari makanan itu berbeda bagi mereka, akibatnya, orang-orang ini mungkin mengalami penurunan nafsu makan.

Karena itu, banyak dokter yang menyarankan bagi siapapun yang sedang mencoba meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan, untuk meminum supplement zinc. Kekurangan zinc juga berhubungan dengan masalah-masalah lain misalnya napas bau dan rasa tidak enak di mulut.

Jika anda mengalami salah stu dari gejala tersebut, atau makanan anda terasa tidak enak bagi anda, ada kemungkinan yang sangat besar bahwa anda mengalami kekurangan zinc.

Konsultasikan setiap dan semua supplement mineral atau vitamin anda dengan dokter, untuk memastikan bahwa semua itu aman dan memang dianjurkan untuk orang yang mengalami kondisi apapun yang sedang anda alami.

Herbal Perangsang Nafsu Makan

Ada sejumlah ramuan herbal yang telah dikenal mampu membantu orang yang mengalami penurunan nafsu makan. Caraway seeds (jinten hitam), saat diminum dengan teh, atau dimakan secara langsung, akan merangsang nafsu makan.

Selain itu, beberapa herbal berikut ini telah dihubungkan dengan perangsang nafsu makan: French Sorrel, Goldenseal, Hops, Ground Ivy, Black Currant Chickory, Dandelion, Ginseng, Mugwort, Horseradish, Tarragon, Wood Sorrell, Yarrow, Watercress, Safflower, Parsley dan Oatstraw.

Semua herbal tersebut, saat diminum dengan teh akan meningkatkan nafsu makan.

Catatan: Pada sebagian orang, herbal tertentu malah bisa menghilangkan nafsu makan, jadi pastikan untuk menghentikan setiap supplement herbal yang sepertinya membuat kondisi anda makin parah.

Untuk mengatasi nafsu makan yang kurang dan menambah berat badan itu adalah suatu hal yang mungkin, tapi butuh usaha dan tidak akan terjadi dalam waktu semalam.

Dengan menggunakan beberapa saran diatas, anda mungkin mampu merangsang nafsu makan dan menambah berat badan.

Sebelum menggunakan herbal apapun, adalah suatu ide yang bagus untuk menanyakan dulu dengan dokter anda, untuk memastikan bahwa tidak ada indikasi-indikasi yang berlawanan dengan obat apapun yang mungkin sedang anda konsumsi.

Hal terpenting untuk dipahami, saat anda mengikuti perencaan perawatan medis apapun, adalah bahwa akan selalu ada suatu periode trial and error yang terlibat dalam proses.

Jika anda menemukan bahwa satu hal yang sudah anda coba itu tidak efektif, cobalah sesuatu yang baru. Teruslah dalam cara ini sampai anda menemukan suatu metode yang bisa membantu menambah nafsu makan anda.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Lolo Sianipar, Sukses Menjalankan Bisnis …

Erri Subakti | | 23 October 2014 | 19:54

Pak Jokowi, Rakyat Cuma Ingin Bahagia… …

Eddy Mesakh | | 23 October 2014 | 19:57

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Gesture …

Pm Susbandono | | 23 October 2014 | 19:05

Catatan Yayat: Remote Control Traveller …

Kompasiana | | 23 October 2014 | 20:42


TRENDING ARTICLES

Akankah Pemkot Solo Berani Menyatakan Tidak …

Agus Maryono | 5 jam lalu

Jokowi-JK Tak Kompak, Langkah Buruk bagi …

Erwin Alwazir | 6 jam lalu

Jonru Si Pencinta Jokowi …

Nur Isdah | 7 jam lalu

Pak Presiden, Kok Sederhana Banget, Sih! …

Fitri Restiana | 8 jam lalu

Acara Soimah Menelan Korban …

Dean Ridone | 13 jam lalu


HIGHLIGHT

Wih, Sekarang Abdi Rakyat Bakalan Keteteran …

Ridha Harwan | 8 jam lalu

Antara Aku, Kompasiana dan Keindahan …

Rahmat Hadi | 8 jam lalu

Sejarah Qatar, Juara Piala Asia U-19! …

Achmad Suwefi | 8 jam lalu

Makna Kegagalan …

Hanif Amin | 9 jam lalu

Ketika Islam Dianaktirikan Penganutnya …

Anni Muhammad | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: