Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Agustinus Aditya Septanto

Clinical Nutrition Specialist

Sehat Masa Remaja Berkat Gizi Seimbang

REP | 02 September 2012 | 22:59 Dibaca: 1932   Komentar: 3   1

Masa remaja amat penting diperhatikan karena merupakan masa transisi antara masa anak-anak ke masa dewasa. Gizi seimbang pada masa ini akan sangat menentukan kematangan pola berfikir dan bersikap di masa depan. Pada masa remaja sangat dibutuhkan perhatian khusus dalm pemberian makanan agar status gizi dan kesehatan dapat tercapai.

Pada masa remaja terjadi pula peningkatan berat badan, otot, serta pertumbuhan biokimia dan hormonal. Pertumbuhan ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Dengan pertumbuhan seperti itu maka harus diimbangi dengan pola makan yang baik agar tidak terjadi masalah gizi. Masalah gizi yang sering terjadi pada masa remaja ialah anemia dan obesitas sehingga diperlukan perhatian khusus. Seorang remaja khususnya laki-laki mempunyai nafsu makan yang sangat besar sehingga sering mencari makanan tambahan dengan jajan diluar waktu makan. Para remaja menyukai makanan yang manis dan berlemak, padahal makanan tersebut berpotensi menyebabkan kegemukan.

Cara sederhana untuk menegtahui kebutuhan energi pada remaja berdasarkan Berat badannya (BB). Pada remaja perempuan usia 10-12 tahun, kebutuhan energi nya sebesar 50-60 kkal/kg BB/hari. Sedangkan perempuan usia 13-18 tahun sebesar 40-50 kkal/kg BB/hari. Pada remaja laki-laki usia 10-12 tahun, kebutuhan energi nya 55-60 kkal/kg BB/hari. Pada remaja laki-laki usia 13-18 tahun sebesar 45-55 kkal/kg BB/hari.

Pada usia remaja harus dibiasakan makan beranekaragaman jenis makananan, dan biasakan juga konsumsi sayur dan buah agar kebutuhan gizi dalam tubuh tetap terjaga. Aktivias tubuh sangat diperlukan untuk masa remaja agar berat badan tetap terjaga. Karena semakin banyak gerak atau melakukan aktivitas tubuh seperti berolahraga akan mempertahankan berat badan dalam kondisi normal. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan cara berjalan bila pergi kesekolah, menggunakan waktu istirahat dengan beraktifitas dengan teman-teman.

Gizi seimbang terdapat dari makan makanan yang beranekaragam, makananan yang beranekaragam yaitu makanan yang mengandung unsur-unsur zat gizi yang diperlukan tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam ilmu gizi terdapat triguna makanan yang terdiri makanan yang mengandung sumber tenaga, pembangun dan pengatur. Makanan yang mengandung sumber zat tenaga ialah beras, jagung, ubi, kentang, sagu, roti dan mie. Makanan yang mengandung sumber zat tenaga digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan yang mengandung sumber zat pembangunan ialah tahu, tempe, telur, ayam, ikan. Makanan yang mengandung sumber zat pembangun digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan. Makanan yang mengandung sumber zat pengatur terdapat pada sayur-sayuran dan buah, makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berperan untuk melancarkan fungsinya organ-organ tubuh.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Pasien BPJS yang Kartunya Tidak Aktif Mulai …

Posma Siahaan | | 21 December 2014 | 06:53

Hollywood Kena Batunya, AS Panik! …

Daniel H.t. | | 21 December 2014 | 10:27

Inilah 5 Strategi Penting Menurunkan Tekanan …

Irsyal Rusad | | 21 December 2014 | 09:22

Tukeran Hadiah, Wichteln …

Gaganawati | | 21 December 2014 | 05:29

Ayo Tulis Ceritamu untuk Indonesia Sehat! …

Kompasiana | | 25 November 2014 | 21:46


TRENDING ARTICLES

Lain Fahri Hamzah, Lain Pula Fadli Zon …

Ajinatha | 7 jam lalu

Lebih Baik Pernyataan Dwi Estiningsih …

Hendi Setiawan | 7 jam lalu

Beda Fahri Hamzah, Fadli Zon, Setya Novanto …

Ninoy N Karundeng | 8 jam lalu

Natal, Skandal Sejarah Kelahiran Yesus …

Nararya | 8 jam lalu

Pintu Damai Tertutup, Menang Golkar Bali …

Erwin Alwazir | 17 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: