Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Siti Masyitah

Writing to share some perspectives and ask for some ideas :). I also write at my45travel.blogspot.com selengkapnya

Hikmah Kenapa Wanita Haid Tidak Dibolehkan Berpuasa

OPINI | 29 July 2012 | 00:32 Dibaca: 1589   Komentar: 0   0

Adik perempuan saya memang aneh. Usianya 18 tahun, dan kami tinggal berjauhan. Beberapa hari lalu saya meneleponnya dan menanyakan, “bagaimana puasanya hari ini?”

Lalu dia menjawab dengan nada ketus, “hari ini ngga puasa, hari pertama mens!”

Aku heran, “kok ketus begitu sih?”

Ia menjawab, “ya males aja, aku pengennya puasa terus ngga pake bolong-bolong!”

“Eits, jangan begitu dong dek. Mens itu nikmat Tuhan, tandanya kamu perempuan subur dan sehat. Jangan ikut-ikutan puasa ya, kalau lapar ya makan aja. Asal jangan makan di depan orang yang berpuasa.”

“Terserah deh…”

Hmmh… Anak gadis yang satu itu memang begitu. Sejak tahun pertama  ia tidak lagi menjalankan ibadah puasa dengan sempurna, bawaannya selalu ngedumel jika mens-nya datang. Parahnya, ia selalu saja ikut-ikutan puasa, alias tidak makan dan minum seperti orang yang berpuasa. Padahal kan orang yang sedang mens dilarang untuk berpuasa.

***

Saya jadi ingat saat belajar agama di sekolahan, saya diajari bahwa orang yang sedang mens dan nifas itu dilarang berpuasa karena ia sedang dalam keadaan mengeluarkan darah, alias sedang tidak suci. Jadi ia tidak bisa melaksanakan ibadah wajib seperti solat  karena tidak memenuhi syarat sah sholat yaitu bersih dari hadas. Hanya sebatas karena alasan tidak suci saja, tidak lebih.

Kemudian setalah masuk sekolah tinggi dan belajar lebih lanjut mengenai kesehatan, saya jadi berpikir ternyata ada hikmah yang tersirat kenapa perempuan yang sedang mens itu tidak dibolehkan berpuasa.

Ditinjau dari segi kesehatan, perempuan yang sedang mens kehilangan darah secara terus menurus dalam kurun waktu 3-7 hari. Lamanya tergantung siklus menstruasi masing-masing, dan banyaknya darah yang keluar berkisar antara 20-80 ml satu kali siklus. Kehilangan darah yang terus menerus mengakibatkan perempuan lebih gampang lelah, memiliki kadar emosi yang naik turun, serta rentan terkena anemia karena melalui darah yang keluar tersebut ia kehilangan mineral zat besi yang sangat penting bagi tubuh.

Selama masa menstruasi ini, seorang perempuan seharusnya lebih memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan fisiknya. Seperti makan makanan kaya zat besi (contohnya bayam, daging-dagingan, dan ati ampela), makanan tinggi protein (contohnya telur dan ikan), makanan tinggi serat (sayur berdaun dan buah-buahan), dan sumber vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Dalam kondisi tertentu, perempuan juga dianjurkan mengonsumsi tablet tambah darah yang kaya akan zat besi untuk membantu proses pembentukan darah  dan mencegah anemia.

Nah, bisa dibayangkan kalau saja perempuan yang sedang mens masih diwajibkan berpuasa, bakal banyak perempuan yang K.O dan menderita anemia kronis karena sepanjang hdupnya ia harus berpuasa disaat seharusnya ia membutuhkan asupan nutrisi dan zat besi yang cukup untuk kesehatan tubuhnya.

Jadi ladies, syukurilah setiap nikmat Tuhan apapun bentuknya. Tidak bisa menjalankan puasa karena lagi dapet pun merupakan salah satu bentuk nikmat dan kasih sayang Tuhan lho.

Selamat makan (yang bergizi) bagi yang perempuan-perempuan tidak berpuasa karena sedang mens, tapi makannya jangan di depan yang berpuasa yaa…

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jokowi Jadi Presiden dengan 70,99 Juta Suara …

Politik14 | | 22 July 2014 | 18:33

Prabowo Mundur dan Tolak Hasil Pilpres Tidak …

Yusril Ihza Mahendr... | | 22 July 2014 | 17:27

Timnas U-23 dan Prestasi di Asian Games …

Achmad Suwefi | | 22 July 2014 | 13:14

Sindrom Mbak Hana & Mas Bram …

Ulfa Rahmatania | | 22 July 2014 | 14:24

Ikuti Lomba Resensi Buku Tanoto Foundation! …

Kompasiana | | 11 July 2014 | 16:12


TRENDING ARTICLES

Jokowi Beri 8 Milliar untuk Facebook! …

Tukang Marketing | 17 jam lalu

Selamat Datang Bapak Presiden Republik …

Ahmadi | 17 jam lalu

Perlukah THR untuk Para Asisten Rumah …

Yunita Sidauruk | 18 jam lalu

Jangan Keluar dari Pekerjaan karena Emosi …

Enny Soepardjono | 18 jam lalu

Catatan Tercecer Pasca Pilpres 2014 (8) …

Armin Mustamin Topu... | 20 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: