Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Qilla Salafy

mencintai dengan sederhana...

Manfaat Kolang-Kaling dan Cara Membuat Manisannya

REP | 21 July 2012 | 07:29 Dibaca: 14600   Komentar: 17   4

13428556601229517305

manisan kolangkaling/langsungenak.com

Buah atap atau lebih dikenal dengan nama kolang kaling, atau  kalau orang sunda menyebutnya buah cangkaleng adalah  termasuk bahan makanan yang banyak digemari apalagi saat bulan puasa tiba, penjual buah ini bertebaran dimana-mana. Kolang kaling memang memiliki rasa dan bau yang unik, rasa kenyalnya inilah yang paling disukai. Buah ini bisa dibuat manisan atau dibuat sebagai campuran untuk es campur.

Bagi anda yang sedang diet, buah ini ternyata sangat cocok lho sebagai makanan  pengganti nasi karena kolang kaling ini mengandung banyak air, dan ebih dari itu, ternyata mengandung protein , karbohidrat, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Kadar air kolang kaling dapat mencapai 93,8 setiap 100 gram. Buah yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertjes ini juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta serat 0,95 gram.

Kandungan itulah yang membuat orang yang mengonsumsi kolang-kaling cepat merasa kenyang, nafsu makan pun menjadi menurun. Untuk itu, kolang-kaling cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Kandungan air dan serat pada kolang kaling juga bisa menyegarkan tubuh, serta memperlancar metabolisme tubuh.

Nah, di bulan ramadhan ini, daripada kita makan yang aneh-aneh, mending makan buah atap ini, lebih bergizi dan menyegarkan.

Saya akan berikan  resep cara membuat manisan kolang kaling dengan campuran softdrink Fanta. Manisan ini bisa dimakan sebagai campuran es buah, atau kita tinggal tambahkan es batu saja karena manisan ini ada kuahnya juga. Jadi, kita tak perlu repot2 nyiapin minuman dingin setiap hari, cukup tambahkan es batu saja setiap akan memakannya, karena manisan ini tahan lama hingga berhari-hari  jika disimpan di lemari es.

Bahan:

1 kg kolang kaling

250 gram gula pasir

500 ml Fanta merah (warna fanta yang lain juga bisa)

air cucian beras secukupnya

Cara membuat :

  • Sebelum kolang kaling diolah, terlebih dahulu kolang kaling ini direndam air beras, bisa semalaman, atau kalau ingin cepat beberapa jam saja, setelah itu cuci bersih, dan rebus sebentar untuk menghilangkan bau yang menyengat.
  • Didihkan setengah gelas air, campurkan gula hingga mendidih
  • masukkan kolang kaling, tunggu lagi sampi mendidih
  • lalu masukkan fanta, aduk-aduk,  setelah mendidih kembali, matikan api.
  • diamkan hingga dingin
  • masukkan ke dalam lemari es

Manisan kolang kaling segar praktis sebagai menu buka puasa setiap hari, Slurrrrrp…. :D  Glekkkk :P

Selamat Menjalankan ibadah Shaum….

@QillaFoodyHealthy21072012

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jejak Indonesia di Israel …

Andre Jayaprana | | 03 September 2014 | 00:57

Ironi Hukuman Ratu Atut dan Hukuman Mati …

Muhammad | | 03 September 2014 | 05:28

Persiapan Menuju Wukuf Arafah …

Dr.ari F Syam | | 03 September 2014 | 06:31

Kasus Florence Sihombing Mengingatkanku akan …

Bos Ringo | | 03 September 2014 | 06:01

Tiga Resensi Terbaik Buku Tanoto Foundation …

Kompasiana | | 03 September 2014 | 08:38


TRENDING ARTICLES

Ini Nilai Ujian Kuliah Politik Pertanian …

Felix | 3 jam lalu

Florence Sihombing Disorot Dunia …

Iswanto Junior | 4 jam lalu

Manuver Hatta Rajasa dan Soliditas Koalisi …

Jusman Dalle | 5 jam lalu

Awasi Jokowi, Kita Bukan Kerbau Dungu …

Mas Wahyu | 6 jam lalu

Kekuatan Jokowi di Balik Manuver SBY di …

Ninoy N Karundeng | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Catatan Perjalanan: +Nya Stasiun Kereta Api …

Idris Harta | 8 jam lalu

Oposisi Recehan …

Yasril Faqot | 8 jam lalu

Orangtua yang Terobsesi Anaknya Menjadi …

Sam Edy | 8 jam lalu

Indo TrEC 2014 : Mengurai Kekusutan Lalu …

Wahyuni Susilowati | 8 jam lalu

Elpiji 12 kg, Antara Kelas Menengah dan …

Tubagus Encep | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: