Back to Kompasiana
Artikel

Makanan

Sebastian Bintan

adalah aktivis muda yang kritis. Lahir di Tanjung Uban-Kabupaten Bintan,Kep.Riau. Saat ini sedang mengenyam Pendidikan selengkapnya

Enam Buah yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

REP | 14 December 2011 | 19:58 Dibaca: 903   Komentar: 0   0

Buah adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

Buah juga merupakan salah satu suplemen makanan yang juga setara dengan kebaikan manfaat sayur-sayuran. Ini merupakan pilihan alternatif bagi mereka yang tidak suka mengkonsumsi Sayuran, sehingga kebaikan dan kebutuhan gizi tubuh tidak kurang.

Inner akan mencoba menjelaskan 6 Buah yang menjadi favorit untuk dikonsumsi oleh khalayak luas. Buah-buahan yang akan diulas juga merupakan buah yang memiliki kandungan gizi paling banyak dan muda didapat dipasaran. Berikut ulasan dari Inner, Yuk disimak semoga bermanfaat..

  1. BUAH TOMAT

Tomat, baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki komposisi zat gizi yang cukup lengkap dan baik. Buah tomat terdiri dari 5-10 persen berat kering tanpa air dan 1 persen kulit dan biji. Jika buah tomat dikeringkan, sekitar 50 persen dari berat keringnya terdiri dari gula-gula pereduksi (terutama glukosa dan fruktosa), sisanya asam-asam organik, mineral, pigmen, vitamin, dan lipid.

Tomat dapat digolongkan sebagai sumber vitamin C yang sangat baik (excellent) karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Vitamin C memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, mencegah penyakit scurvy (skorbut), serta menghindarkan terjadinya perdarahan pembuluh darah halus.

  1. Buah Pepaya

Kita semua Pasti semua sudah tahu buah papaya atau bisa juga disebut Kates. Buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang diincar karena manfaat dan kandungan papaya yang mempunyai nilai guna tinggi. Pepaya merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan, mineral dan serat.

Pepaya dan segala bagiannya mengandung papain,yaitu enzim yang membantu mencerna protein. Enzim ini, digunakan untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi, terutama terkonsentrasi di buah papaya mentah mentah. Papain diekstrak untuk membuat suplemen enzim pencernaan makanan dan dapat pula digunakan sebagai bahan dalam beberapa permen karet.

  1. Buah Pisang

Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti. Oleh sebab itu, banyak atlet saat jeda atau istirahat mengonsumsi pisang sebagai cadangan energi.

  1. Buah Mangga

Mangga Merupakan Buah yang bisa disantap dengan lalapan apa saja ataupun dimakan langsung. Mangga dapat dengan mudah ditemui di pasara dengan harga yang relatif mudah. Mangga memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh terutama untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%),Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Dari sekian banyak kandungan gizi yang terdapat di dalam buah mangga, maka Inner rasa Buah ini sangat baik itu dimakan secara tertaur oleh pembaca terutama saat tubuh kekurangan vitamin C dan Cairan Tubuh.

  1. Buah Apel

Bagi kesehatan, buah apel mempunyai manfaat yang nyata dalam hal

menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah, menstabilkan gula darah, meningkatkan HDL, membunuh virus infeksi,mengurangi nafsu makan, memperlancar pencernaan, mempertahankan kesehatan syaraf, agen anti kanker, menjaga kesehatan jantung.

Khasiat buah apel bagi kesehatan, sedemikian rupa berhubungan dengan zat-zat gizi maupun non gizi yang terkandung di dalam buah apel. Kandungan zat-zat gizi dalam 100 gram buah apel adalah sebagai berikut :

Zat Gizi / Jumlah terkandung per 100 Mg dalam Apel :

Energi / 58,00 kal Protein / 0,30 g

Lemak / 0,40 g

Karbohidrat / 14,90 g

Kalsium / 6,00 mg

Fosfor / 10,00 mg

Serat / 0,70 g

Besi / 1,30 mg

Vitamin A / 24,00 RE

Vitamin B1 / 0,04 mg

Vitamin B2 / 0,03 mg

Vitamin C / 5,00 mg

  1. Buah Jeruk

Kandungan yang bermanfaat dari jeruk

* Vitamin C : sangat baik untuk vitalitas tubuh

* Fosfor :Untuk kekuatan engsel tulang

* Kalsium : Untuk nutrisi tulang dan setara kandungan kalsiumnya dengan yang ada disusu

Manfaatnya :

Secara umum buah jeruk kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang terkandung dalam jeruk manis, setiap 100 g terdapat kalori 51 kal, protein 0.9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, mineral 0.5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg dan asam askorbat 49 mg.

Selain kaya gizi, zat kimia terkandung seperti bioflanid, minyak atsiri limonen, asam sitrat, linalin asetat dan fellandren dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batuk, menurunkan demam, meningkatkan gairah seksual dan membuat suara merdu.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Jalan-Jalan Cantik ke Jepang ala Beauty …

Wardah Fajri | | 18 September 2014 | 10:16

Bapak Diberi Tenggang Tiga Kali 24 Jam untuk …

Posma Siahaan | | 18 September 2014 | 06:03

Bima Arya Sukses Menghijaukan Jalanan Kota …

Masykur A. Baddal | | 18 September 2014 | 07:20

HL Bukan Ambisi Menulis di Kompasiana …

Much. Khoiri | | 18 September 2014 | 01:35

Nangkring Bareng Paula Meliana: Beauty Class …

Kompasiana | | 09 September 2014 | 10:14


TRENDING ARTICLES

Kejahatan di Jalan Raya, Picu Trauma …

Muhammad | 4 jam lalu

HL Bukan Ambisi Menulis di Kompasiana …

Much. Khoiri | 9 jam lalu

Pilkada Langsung; Menabrak Dasar Negara?! …

Bem Simpaka | 10 jam lalu

Bukti, Koalisi Merah Putih Bukan Wakil …

Giri Lumakto | 12 jam lalu

Takut Prabowo, Jokowi Batalkan Perampingan …

Avit Hidayat | 12 jam lalu


HIGHLIGHT

Tips Sederhana Menulis Buku agar Menarik …

Tjiptadinata Effend... | 8 jam lalu

Modus Baru Curanmor. Waspadalah! …

Andi Firmansyah | 8 jam lalu

Turis Asing Suka Kawah Ijen! …

Mawan Sidarta | 8 jam lalu

Bogor dan Bandung Bermasalah, Jakarta …

Felix | 8 jam lalu

Mudahnya Mengururs SIM tanpa Calo (Sebuah …

Okky Rizki Rohayat | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: