Back to Kompasiana
Artikel

Ibu Dan Anak

Bidan Care

Bidan Romana Tari [bidancare] Sahabat bagi perempuan dan keluarga, saling memperkaya informasi kaum perempuan dibidang selengkapnya

Tanya Jawab Seputar Kuret pada Keguguran Kehamilan

OPINI | 28 March 2011 | 19:30 Dibaca: 72138   Komentar: 73   17

Dengan senang hati  saya bongkar - bongkar email juga pesan inbox di Facebook, Twitter maupun kompasiana bidancare untuk  mengumpulkan beberapa pertanyaan yang telah masuk selama ini. Bidancare berusaha menyajikan dalam bentuk artikel khusus yang isinya tentang serba - serbi pertanyaan seputar Kuret dan keguguran.  Tulisan ini dibuat secara praktis agar mudah dipahami oleh sahabat yang non medis.

Apa sih keguguran itu ?

Keguguran adalah berakhirnya proses kehamilan sebelum janin mampu hidup di luar kandungan.

Keguguran atau abortus ini dapat dijelaskan demikian :

-         Keguguran spontan ( Abortus Spontan ): adalah terhentinya proses kehamilan sebelum janin mampu untuk bertahan hidup di luar rahim ( usia hamil  ≤ 22 minggu )

-         Keguguran yang disengaja ( Abortus provocatus ) : Penghentian kehamilan dengan sengaja sebelum janin mampu untuk hidup di luar rahim. Pada keadaan ini penyebabnya dibedakan yakni Menghentikan kehamilan atas indikasi medis dan Pengguguran kandungan dengan sengaja sebagai tindakan kriminal.

Kali ini yang kita bicarakan adalah keguguran spontan yang sering dialami oleh ibu hamil muda. Keguguran spontan ini terjadi akibat kelainan pada janin  sendiri sejak proses pembuahan, kelainan pada rahim ibu, gangguan hormonal, infeksi yang diderita ibu selama hamil, maupun faktor psikis dan mekanis tanpa sengaja ( misal terbentur daerah perut atau terjatuh ). Penyebab keguguran sendiri hingga saat ini masih belum dapat dipastikan karena sangat multifaktor. Penyebab keguguran kehamilan ini juga tidak akan berdampak sama pada setiap ibu hamil.

Apakah keguguran harus selalu dikuret? Terus terang saya takut sekali merasa sakit waktu di kuret.

Pada keguguran kehamilan yang tidak lengkap ( artinya hasil dari proses kehamilan  tidak bisa keluar sempurna ) maka tindakan kuret sangat diperlukan. Tindakan kuret dilakukan oleh dokter kandungan dengan memasukkan alat kuret ke dalam rahim untuk membersihkan rahim ibu hamil agar terhindar dari perdarahan dan infeksi pada organ reproduksi ( alat kandungan ).Sebelum dilakukan tentu ibu  hamil akan di beri obat bius terlebih dahulu.

Sampai berapa lama boleh menunda keputusan  tindakan kuret? Saya masih takut dan belum siap .

Sebaiknya sesegera mungkin untuk dapat memutuskan atau menyetujui tindakan kuret bila dokter atau bidan telah memberi penjelasan bahwa kehamilan sudah tidak bisa dipertahankan. Terlebih pada kasus kehamilan dimana sudah keluar sebagian dari proses kehamilan baik berupa perdarahan maupun gumpalan darah dan nyeri perut yang sangat.

Apa akibatnya jika saya tidak mau kuret? Misalnya saya minum ramuan obat tradisional saja apakah sudah cukup?

Jika keguguran yang dialami ibu hamil adalah keguguran yang belum lengkap, artinya masih ada sisa kehamilan dalam rahim yang perlu dibantu dikeluarkan dengan alat kuret.Sebagai pilihan  maka tindakan kuret adalah keputusan yang paling tepat. Dengan tindakan ini maka rahim ibu dipastikan akan benar - benar bersih dan terhindar dari resiko infeksi rahim, perdarahan terus menerus yang berakibat membahayakan bagi keselamatan ibu. Sedangkan pada keguguran dimana janin dan ari - ari telah keluar dengan lengkap ( dipastikan oleh dokter ) dengan pemeriksaan USG, maka ibu tiidak perlu dilakukan kuret. Namun demikian tetap mendapat pengobatan untuk pemulihan.

Misalnya saya  menolak kuret lalu minum ramuan obat tradisional saja apakah sudah cukup?

Tidak disarankan untuk minum  ramuan tradisional untuk menggantikan tindakan kuretase. Keadaan ini dapat berbahaya karena ramuan tradisional tidak jelas dosis/ takaran dan efek samping dari penggunaannya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis. Pada beberapa kasus justru menimbulkan perdarahan hebat dan membahayakan nyawa ibu hamil.

Apa saja persiapan sebelum kuret?

Kondisi psikis dan fisik ibu juga harus dipersiapkan untuk menghadapi proses kuret karena berpengaruh  terhadap kelancaran proses kuret.Beberapa dokter ada yang menganjurkan pemeriksan darah sebelum kuret bila memang diperlukan. Apabila ibu mempunyai riwayat gangguan pembekuan darah hendaknya disampaikan kepada dokter dan bidan yang merawat. Pada kuret terencana maka dokter akan menganjurkan untuk puasa pada malam harinya agar pagi ibu siap dikuret.

Pada keadaan tertentu adakalanya terjadi dalam situasi darurat seorang ibu hamil harus segera dikuret meskipun tanpa persiapan. Beberapa  persiapan kuret lainnya adalah tindakan pemberian obat  untuk membantu proses pembukaan mulut rahim agar alat kuret bisa masuk. Pada tahap ini ibu diberi obat secara terjadwal yang efeknya menimbulkan kontraksi atau kram pada rahim. Pemberian obat bisa melalui vagina maupun melalui obat minum. Sebelum kuret dimulai sebaiknya ibu hamil buang air kecil terlebih dahulu agar memperlancar proses kuret. Kandung seni yang penuh akan menghambat dokter dalam melakukan tindakan kuret.

Bagaimana sih proses kuret itu yang sesungguhnya? Teman - saya cerita katanya sakit sekali, benarkah demikian?

Mengenai rasa nyeri yang dirasakan ibu hamil saat kuret, tidak akan selalu sama pada ibu hamil yang lain. Sangat individual. Sama seperti pengalaman ibu bersalin pasti akan berbeda - beda. Tindakan ini tidak akan menyakitkan. Tak perlu cemas,dokter pasti  akan memberikan obat bius total selama kuret berlangsung. Ibu akan tidur dengan nyenyak hingga proses kuret selesai. Pada saat kuret dokter akan membersihkan rahim dari janin yang sudah gugur dan membersihkan ari - ari janin termasuk sisa- sisa darah yang tertahan di dalam rahim. Proses kuret sendiri tidak lama kog, hanya berkisar 10  hingga 15 menit.

Setelah sadar dari bius akibat kuret apa yang harus saya lakukan?

Setelah kuret selesai dan ibu sudah mulai sadar, bidan akan membantu ibu secara bertahap belajar miring atau bila tidak pusing ibu akan dibantu duduk. Ibu boleh minum bila sudah ada anjuran dari tenaga kesehatan yang merawat. Sebaiknya jangan langsung makan makanan padat, mulailah dengan minum  hangat dahulu. Lalu dilanjutkan dengan latihan duduk dan jalan. Bila masih pusing jangan memaksakan diri. Sedapat mungkin latihan bergerak secara bertahap agar membantu mempercepat proses pemulihan tubuh ibu setelah menjalani kuret. Setelah kuret dianjurkan untuk minum air putih yang cukup dan segera mencoba buang air kecil, jangan ditahan

Berapa lama harus tinggal di rumah sakit setelah kuret?

Tidak semua ibu hamil dengan kuret harus rawat inap. Bila kondisinya cukup stabil maka tidak perlu rawat inap. Namun bila ibu hamil mengalami perdarahan berlebihan maupun kadar hemoglobine ( Hb ) dalam darah mengalami penurunan sehingga terjadi anemia sebaiknya ibu hamil rawat inap.

Apakah setelah kuret masih bisa hamil?

Selama sel sperma dan sel telur ibu dalam keadaan sehat dan  juga di dukung rahim yang sehat maka kehamilan masih dapat terjadi lagi. Justru dengan kuret maka rahim dan alat reproduki ibu tetap terjaga kesehatannya, terhindar dari infeksi. Namun demikian ada beberapa kasus dimana perencanaan kehamilan perlu konsultasi lebih lanjut pada dokter kandungan. Misalnya pada keguguran berulang atau dengan  akibat  - akibat kelainan bentuk rahim  maupun gangguan hormonal.

Kapan sih boleh melakukan hubungan suami istri setelah kuret?

Nah ini pertanyaan dari para suami tentunya, Pertanyaan baik .Terimakasih untuk kepeduliannya. Setelah kuretase sebaiknya hubungan seksual ditunda sampai dengan 40 hari hal ini penting untuk memberi kesempatan proses penyembuhan dari rahim serta alat - alat kandungan  yang bertujuan  mencegah terjadinya infeksi maupun perdarahan setelah kuret.

Makanan apa saja yang penting untuk saya konsumsi setelah kuret?

Setelah kuretase sebaiknya ibu meningkatkaan asupan makanan yang berprotein tinggi seperti ikan laut, telur maupun daging tanpa lemak. Protein ini sangat penting untuk mempercepat penyembuhan rahim. Sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau, bayam merah, dan  sayur mayur yang mengandung asam folat. Minum jus buah segar yang mengandung vitamin C  seperti jeruk, tomat, pepaya dan juga buah  maupun sayur  yang mengandung vitamin E .

Sahabat tidak semua pertanyaan bisa saya posting saat ini, bila ada kesempatan akan kita lanjutkan lagi ngobrol seputar kuret pada keguguran kehamilan.

Satu cacatan penting : Tindakan curet adakalanya menimbulkan pengalaman traumatis, terlebih bila pernah lebih dari satu kali kuret. Yang harus dilakukan adalah menerima dengan lapang dada bahwa mungkin belum saatnya Tuhan berkenan memberikan anugerah kehamilan tersebut. Suami istri saling meneguhkan dan memberi dukungan mental.  Istirahat yang cukup dan kurangi aktifitas yang melelahkan. Berdoalah agar anda dapat melewati masa  kehilangan ini dengan ikhlas. Percayalah semua rencana Tuhan indah pada waktunya.

Salam hangat dan Selalu dalam doaku untuk pasangan yang mendambakan kehamilan

Bidan Romana

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | | 25 October 2014 | 17:32

ATM Susu …

Gaganawati | | 25 October 2014 | 20:18

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Serunya di Balik Layar Pemotretan Presiden …

Gatra Maulana | 14 jam lalu

BMI Hongkong Tertipu 60 Juta Oleh “Bule …

Fey Down | 15 jam lalu

Hatta Rajasa Tahu Siapa Bandit Migas …

Eddy Mesakh | 16 jam lalu

Presiden Jokowi, Ibu Negara, dan …

Sintong Silaban | 17 jam lalu

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | 18 jam lalu


HIGHLIGHT

Kabinet Jokowi …

Jamaluddin Mohammad | 10 jam lalu

Fakta & Rahasia Saya Tentang Buku …

Indria Salim | 15 jam lalu

Hanya Tontowi/Liliyana di Final Perancis …

Sapardiyono | 15 jam lalu

Pilih Steak Sapi New Zealand Atau Ramen …

Benny Rhamdani | 15 jam lalu

Upacara Adat Satu Suro Kampung Adat Cirendeu …

Sandra Nurdiansyah | 16 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: