Back to Kompasiana
Artikel

Alternatif

Menghancurkan Batu Ginjal Cepat Tanpa Operasi

REP | 13 February 2013 | 03:14 Dibaca: 1351   Komentar: 6   0

Cegah Penyakit Batu Ginjal dengan Konsumsi Tahitian Noni

menghancurkan-batu-ginjal

menghancurkan-batu-ginjal

Apakah anda sering merasakan nyeri dan sakit pada bagian saluran kencing anda pada saat anda sedang buang air kecil? t Atau apakah anda jarang minum air putih selama ini? Jangan abaikan rasa sakit dan nyeri pada saluran kencing anda terlebih lagi jika anda sangat jarang meminum air putih. Waspada penyakit ginjal karena penyakit ini cukup berbahaya dan berpotensi menyebabkan akibat yang sangat fatal jika dibiarkan saja tanpa adanya penanganan secara medis maupun penanganan pengobatan alternative. Penyakit batu  ginjal kini menjadi salah satu jenis penyakit yang perlud diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini timbul Karena beberapa faktor dan salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya konsumsi air putih. Hal ini membuktikan bahwa konsumsi air putih memang sangat penting. Bukan hanya akan mensuplai kebutuhan cairan dalam tubuh, air putih juga akan membantu kinerja organ ginjal dalam menyaring zat-zat yang masuk ke ginjal yang kemudian akan diproses untuk dijadikan urine agar dapat dikeluarkan dari tubuh.

Sebagai salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh, organ ginjal memiliki dua fungsi utama yaitu menyaring zat-zat yang masuk ke dalam tubuh sehingga zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk urine, sedangkan zat-zat baik yang diperlukan oleh tubuh akan dikembalikan kembali ke dalam tubuh. Kemudian fungsi organ ginjal yang kedua adalah mencegah beredarnya zat yang bersifat racun. Jika organ ginjal mengalami disfungsi maka kemungkinan besar tubuh akan mengalami keracunan yang tentu saja akan berakibat sangat fatal. Disfungsi ginjal salah satunya bisa disebabkan oleh kurangnya konsumsi air putih. Kurangnya kadar air yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan ginjal sulit dalam menyaring zat-zat yang masuk ke dalam ginjal. Efeknya, urine yang dihasilkan akan jauh lebih pekat dan sangat berpotensi dapat menyebabkan timbulnya penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini terjadi akibat adanya kristalisasi urine yang kemudian berubahnya timbulnya kristal-kristal yang kemudian mengeras seperti batu.Oleh sebab itu penyakit ini sangat familiar dengan sebutan penyakit batu ginjal.

Kristal-kristal yang membatu ini kemudian akan berpindah dari kandung kemih ke bagian saluran kencing/ ureter yang kemudian akan menyumbat lubang keluarnya air kencing. Akibatnya si penderita penyakit batu ginjal mengalami kesulitan ketika akan buang air kecil. Pada saat si penderita buang air kecil, akan terjadi tekanan besar pada saluran kencing akibat adanya penyumbatan yang kemudian akan terjadi obstruksi atau mengalirnya kembali cairan urine yang akan keluar ke dalam kandung kemih dan bagian ginjal lainnya. Akibatnya sistem sekresi melalui organ ginjal akan mengalami kekacauan.

Penyebab lainnya adanya penyakit batu ginjal ini antara lain terlalu sering menahan kencing karena akan menyebabkan urine terlalu pekat. Urine telalu pekat disebabkan karena banyaknya kandungan garam dan zat-zat lainnya yang sulit larut dalam air. Urine yang terlalu pekat ini kemudian akan menimbulkan potensi besar adanya endapan yang memicu pembentukan kistal-kristal garam. Jika tidak sering diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup banyak, maka tidak ada zat cair yang akan melarutkan endapan-endapan garam tersebut. Jika sudah demikian, batu-batu kecil pun mulai terbentuk dan siap menyumbat lubang pada saluran kencing.

Penyebab timbulnya batu-batu ginjal berikutnya adalah banyaknya zat kimia dalam urine.Zat-zat kimia yang sering dijumpai pada urine adalah zat kapur dan garam oksalat. Dan penyebab terakhir adalah jumlah vitamin D yang berlebih.  Kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi juga akan mempengaruhi pekatnya urine dalam tubuh. Tak heran jika penderita asam urat sangat berpotensi terkena komplikasi penyakit batu ginjal. Adapun gejala-gejala umum penyakit batu ginjal yang umumnya dirasakan oleh penderita adalah sebagai berikut: Timbulnya rasa sakit dan nyeri pada bagian perut bawah dan organ kemaluan pada saat akan melakukan buang air kecil, urine yang kemerah-merahan karena urine mengandung darah akibat adanya infeksi dalam ureter, urine terlihat pekat karena banyak mengandung protein yang tidak larut pada saat proses penyaringan di dalam organ ginjal, sering mengalami kencing yang tidak tuntas, tubuh merasakan sakit pada bagian belakang dan samping, adanya perubahan warna kulit karena darah dan cairan tubuh lainnya tercampur dengan racun yang gagal disaring oleh organ ginjal, dan dalam kondisi tertentu penderita akan mengalami demam yang disertai muntah. Jika sudah mengalami gejala-gejala seperti ini sebaiknya segera dilakukan penanganan pengobatan khususnya pengobatan dengan cara menghancurkan batu ginjal.

Namun seringnya pengobatan medis menimbulkan efek samping yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan si pasien. Kondisi pasien akan semakin memburuk dengan adanya efek samping dari penanganan medis tersebut. Operasi atau pembedahan, misalnya, hanya mampu mengambil batu ginjal yang berukuran besar saja. Operasi juga  tidak mampu menghancurkan batu ginjal yang berukuran lebih kecil.Tak heran jika kini banyak pasien yang beralih menggunakan teknik pengobatan alternative yang salah satunya adalah menggunakan obat herbal.

Artikel yang selengkapnya sudah saya muatkan di menghancurkan batu ginjal.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kalahkan Norwich, Liverpool Kian Dekat …

Achmad Suwefi | | 20 April 2014 | 19:54

Ketagihan “Pecel Senggol” …

Hendra Wardhana | | 20 April 2014 | 16:01

Kebijakan Mobil LCGC Yang Akhirnya Membebani …

Baskoro Endrawan | | 20 April 2014 | 13:30

Musafir; Aku Pasti Pulang …

Elkhudry | | 20 April 2014 | 06:29

[Puisi Kartini] Petunjuk Akhir Event Puisi …

Fiksiana Community | | 20 April 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Awas Pacaran Sama Bule Player! Tips dari …

Cdt888 | 4 jam lalu

Mari Jadikan Sekolah Benar-Benar Sebagai …

Blasius Mengkaka | 6 jam lalu

Hargai Pilihan Politik Warga Kompasiana …

Erwin Alwazir | 6 jam lalu

Mandi Air Soda di Kampung, Ajaib! …

Leonardo Joentanamo | 7 jam lalu

Prediksi Indonesian Idol 2014: Virzha …

Arief Firhanusa | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: