Back to Kompasiana
Artikel

Alternatif

Ahadin Fahmi

Mahasiswa Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Twitter : @ahadinsfahmi

14 Tips Menjaga Kesehatan dan Kebugaran untuk Pekerja Kantor

OPINI | 18 January 2013 | 18:54 Dibaca: 741   Komentar: 0   0

Dalam sebuah budaya kantor, akan sulit bagi seorang pekerja untuk mendapatkan motivasi untuk tetap fit. Latihan sering kali menjadi hal terakhir di pikiran seorang pekerja ketika menghabiskan harinya menatap layar komputer dan menjawab telepon. Bahkan jika ingin bugar, bisa hampir tidak mungkin dengan waktu berjam-jam yang dihabiskan di tempat kerja setiap hari. Seorang pekerja kantor rata-rata menggunakan lift dari apartemennya, menggunakan mobil, dan kemudian pergi langsung ke meja kerjanya, di mana ia menghabiskan 8-10 jam tanpa gerak. Sangat mudah untuk melihat bagaimana gaya hidup ini menyebabkan obesitas serta nyeri otot dan kram sendi.
Menurut salah satu anggota dokter dari Pennsylvania Medical Society, duduk dalam satu posisi untuk jangka waktu yang panjang dan kurangnya aktivitas fisik, terutama dalam kombinasi dengan pekerjaan yang berhubungan dengan stres, dapat berdampak negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan. Dokter menyarankan bahwa pekerja menjaga kesehatan dan kebugarannya dalam rutinitas kantor sehari-hari mereka.
Bagaimana mungkin seorang pekerja bisa bangun lebih awal untuk pergi latihan ke gym? Bagaimana bisa menemukan waktu setelah bekerja ketika sudah merasa lelah dan belum lagi harus mengurus anak-anak dirumah?
Berikut ide-ide sederhana yang berguna bagi seorang pekerja kantoran tentang cara bagaimana menggabungkan kebugaran dan kesehatan ke dalam keseharian mereka:
1. Berjalan sebanyak mungkin sepanjang hari kerja. Menambah porsi naik tangga bukan menggunakan lift. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 15 menit saat makan siang. Pergi keluar berjalan-jalan di taman terdekat saat makan siang untuk menghirup udara segar, melihat langit dan Anda akan kembali siap untuk menyerang jadwal selanjutnya.
2. Anda harus secara teratur memeriksa ergonomi di tempat kerja Anda. Hal ini memastikan kenyamanan bekerja Anda, misalnya Anda duduk dengan benar, jika Anda bekerja di depan PC, layar harus berada pada ketinggian mata kanan dan sudut untuk Anda. Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, bertanyalah apakah ini dapat diatur untuk Anda. Jika tidak, Anda dapat menemukan saran online ergonomi untuk tempat kerja Anda sendiri.
3. Jika Anda bekerja di depan PC selama berjam-jam, penting untuk mengistirahatkan mata sejanak dari layar PC agar mata tidak mengalami kelelahan. Cobalah untuk melakukan kegiatan lain, seperti jalan ke tempat penyortiran atau hanya melihat keluar jendela melihat cakrawala selama lima atau sepuluh menit. Berfokus pada sebuah objek yang jauh membantu untuk merilekskan mata Anda dan usahakan melihat dedaunan hijau untuk menjaga kesejukan mata.
4. Ambil beberapa saat untuk melakukan peregangan yang dapat Anda lakukan di kantor. Ketika badan sudah terasa kaku coba lakukan beberapa peregangan untuk bahu, punggung, lengan, pinggul, dan kaki.
5. Membawa air mineral untuk pengganti minuman bersoda. Jangan lupa untuk minum minimal delapan gelas per hari agar badan tetap fit.

6. Kurangi kafein ! Minum kopi terlalu banyak - lebih dari sekitar dua cangkir sehari - dapat memiliki efek yang merugikan pada kesehatan Anda. Beberapa studi telah menyarankan bahwa asupan harus dibatasi sampai empat cangkir sehari, meskipun hal ini tergantung pada ukuran cangkir dan jenis kopi yang dikonsumsi. Minuman energi yang tinggi kafein, juga, dan studi yang sama menyarankan minum tidak lebih dari dua per hari. Minum berlebihan kafein dapat menjadi adiktif serta memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung, tekanan darah, dan kolesterol pembacaan.
7. Kurangi merokok, selain dapat merugikan diri sendiri merokok juga merugikan orang lain yang ada disekitarnya. Baik melalui asap yang ditimbulkan maupun bau yang ditinggalkan setelah merokok.
8. Ambil sendiri dan pilih paket makan siang Anda dengan pilihan menu sehat. Jika harus pergi keluar untuk makan siang, jangan berlebihan. Pertimbangkan sayuran dan buah-buahan. Jika makan siang terlalu banyak, jangan takut sisanya untuk di bawa pulang.
9. Ganti permen dan keripik dengan buah-buahan dan sayuran sebagai camilan.
10. Jangan lupa untuk menerapkan kebiaaan kesehatan yang baik untuk membantu memerangi penyebaran pilek dan flu. Cuci tangan Anda secara teratur. Tutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin.
11. Ketika sudah berada dirumah, sebisanya kurangi durasi menonton TV, usahakan perbaikan kualitas istirahat. Dengan istirahat yang cukup sistem imun tubuh akan tetap kuat. Sehingga akan terhindar dari virus dan penyakit.

12. Tertawalah ! Ini sesuatu yang tidak baru, tetapi telah kembali ditampilkan dalam pers baru-baru ini. Tertawa adalah penghilang stres, melepaskan hormon serotonin, dan ringankan suasana dan menyebar tawa.
13. Ketika ada waktu yang cukup usahakan untuk berolahraga, baik olahraga sederhana seperti push-up, sit-up, jogging hingga berolahraga di pusat kebugaran terdekat. Tidak hanya akan membantu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan saja, tetapi akan membantu sirkulasi oksigen ke otak, yang dapat membuat Anda merasa direvitalisasi kembali.
14. Pilihan liburan bersama keluarga bisa menjadi alternatif untuk kesehatan juga, selain berolahraga bisa ditambah liburan singkat agar bisa mengurangi tingkat stres pekerjaan.
 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sukses sebagai Pengusaha Telur Asin …

Tjiptadinata Effend... | | 21 December 2014 | 11:54

Jebakan Betmen di Musium Antonio Blanco …

Muslihudin El Hasan... | | 22 December 2014 | 06:17

Rahasia Keberhasilan Pariwisata: Jangan …

Jimmy Haryanto | | 21 December 2014 | 08:18

[Langit Terbelah Dua] Pohon Malaikat …

Loganue Saputra Jr ... | | 21 December 2014 | 16:39

Waspada Komplotan Penipu Mengaku Dari …

Fey Down | | 21 December 2014 | 23:23


TRENDING ARTICLES

Gol Telat Skrtel, Bawa Liverpool Imbangi …

Achmad Suwefi | 7 jam lalu

Fenomena Prostitusi Online sebagai Efek …

Gholal Pustika Widi... | 13 jam lalu

Sensasi Singkong Rebus Menteri Yuddy …

Andi Harianto | 13 jam lalu

Ketika Tulisanmu Dihargai Jutaan Rupiah …

Wijaya Kusumah | 14 jam lalu

Sekilas Wajah Pak Menteri Anies Mirip …

Agus Oloan | 14 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: