Back to Kompasiana
Artikel

Alternatif

Joe M

Berbagi untuk semua

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami [100% Ampuh]

OPINI | 21 November 2012 | 13:47 Dibaca: 111909   Komentar: 3   1

Hampir semua pembaca mungkin sudah mengenal jerawat, malah mungkin pernah atau sedang mengalaminya. Sebetulnya, apa pengertian jerawat bila ditinjau dari sisi ilmiahnya? Apa sebabnya kita jerawatan? Akan kita bahas disini alasannya.

Jerawat, arti dasarnya adalah kelainan pada unit pilosebaceous, atau biasa disebut kantung rambut atau pori-pori. Jerawat termasuk kelainan kulit yang paling banyak terjadi dihampir semua negara, tidak memandang ras atau status sosial. Jerawat vulgaris, biasanya cukup dikenal dengan nama jerawat saja, diklasifikasikan sebagai penyakit radang kronis pada kulit yang umum terjadi. Secara ilmiah hal ini diduga disebabkan oleh interaksi dari empat faktor, yakni:

  • Meningkatnya produksi sebum, antara lain akibat pengaruh hormon androgen yang menyebabkan pembesaran kelenjar sebaseous.
  • Keratinisasi yang abnormal berupa hiperkretanisasi dan hiperprofiliferasi dari sel-sel pada daerah infra infindibulum, yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran pilosebasea oleh keratin dan sebum yang mengeras.
  • Porofiliferasi (Perkembangbiakan) bakteri P.Acnes. Kolonisasi mikrobial menyebabkan meningkatnya lipolisis dan menginduksi kemotaktik faktor yang menarik neutrofil dan memegang peranan pada pross peragangan.
  • Peradangan/inflamasi.

Perhatian: Kalau anda memang serius untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang parah sekalipun, pastikan baca metode alami 21 hari bebas jerawat disini

Untuk mengetahui jerawat yang disebabkan oleh hormon, anda bisa membaca ciri-cirinya dibawah ini:

  1. Jerawat jenis ini biasanya muncul pada saat pubertas atau saat memasuki masa remaja, sekitar umur 13-17 tahunan.
  2. Khususnya bagi kaum perempuan, jerawat ini akan keluar menjelang haid, masa-masa kehamilan dan ketika masa menopause tiba.
  3. Jerawat ini tidak mempan dengan obat-obatan anti jerawat biasa. Makanya jangan heran, terkadang seseorang yang menderita jerawat jenis ini sering kesal karena setelah diobati dengan berbagai jenis obat jerawat tapi tidak sembuh-sembuh.

Cara menghilangkan Bekas Jerawat secara alami:

Bekas luka dari jerawat bisa terlihat seperti hukuman ganda. Pertama anda harus menderita selama berjerawat, dan sekarang Anda memiliki bekas, flek, bopeng, atau tanda untuk “mengingatkannya”. Adakah sesuatu yang dapat anda lakukan?

Noda, flek, atau bekas jerawat dalam istilah medis dikenal dengan cicatrix, yang merupakan tanda yang tersisa pada kulit setelah disembuhkannya jerawat, luka bakar, atau sayatan bedah dimana jaringan fungsional normal kulit hilang atau digantikan oleh jaringan ikat (hyperthropic atau parut keloid). Noda bekas jerawat paling serius disebabkan oleh jerawat yang parah, dan cara terbaik untuk mencegahnya adalah mendapatkan perawatan dengan segera setelah jerawat muncul. Jika anda memiliki nodula, segeralah temui dokter atau dokter kulit. Mencegah lebih baik daripada mengobati. :)

Meski banyak orang yang sembuh dari jerawat tanpa menimbulkan efek permanen, namun beberapa orang lainnya mengalami parut bekas jerawat baik ringan atau parah. Saat ini memang tersedia banyak produk dan obat lokal yang dapat memperbaiki bekas jerawat ringan, tetapi sebagian besar bekas jerawat yang parah perlu diobati dengan kombinasi proesedur bedah dan perbaikan permukaan kulit. Jerawat ringan biasanya tidak meninggalkan bekas yang tahan lama. Dan ketika bekas jerawat diobati lebih dini, hal ini meningkatkan kemungkinan kulit pulih sepenuhnya tanpa cacat yang signifikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengobati bekas jerawat sesegera mungkin.

Beberapa cara pengobatan tradisional dan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa anda coba dirumah:

  • Pengobatan Menggunakan Lemon
    Jika bekas jerawat anda berwarna gelap, anda dapat menggunakan jus lemon untuk mencerahkannya. Bersihkan wajah anda dengan jus lemon. Bubuhkan satu sendok teh juslemon ke bola kapas dan oleskan secara halus diatas bekas jerawat. Biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas. Berhati-hatilah dengan jus lemon karena bisa membuat kulit anda peka terhadap cahaya. Jadi pastikan untuk menggunakan tabir surya pada area yang anda olesi dengan jus lemon sebelum terkena sinar matahari. Baca petunjuk lanjutnya disini
  • Menggunakan soda dan minyak zaitun
    Lakukan pengelupasan kulit anda dengan baking soda. Sering kali baking soda tertentu digunakan dalam perawatan microdermabrasi kosmetik. Anda dapat menjalankan sendiri perawatan microdermabrasi sederhana dengan mencampur satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air higienis. Lalu gosok perlahan campuran tersebut pada bekas jerawat anda selama enam puluh detik lalu bilaslah dengan bersih.Setelah pengelupasan kulit menggunakan soda, pijatlah wajah anda dengan minyak zaitun. Bekas jerawat dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalan. Anda juga bisa mencoba obat jerawat yang menggunakan bahan alami.Nutrisi pelembab dalam minyak zaitun akan menembus kulit untuk melembapkan dan melembutkan tekstur kulit anda.
  • Mengatasi bekas jerawat dengan Minyak Nanas
    Selain makan buah-buahan segar untuk memasok kulit anda dengan vitamin C yang dibentuk oleh kolagen, anda juga dapat mengoleskan buah-buahan tersebut ke wajah sebagai asam pengelupas kulit yang lembut. Misalnya oleskan minyak nanas dengan lembut ke wajah anda. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Karena nanas mengandung asam askorbat, ini akan memberikan efek cerah pada wajah, dan membantu memudarkan bekas jerawat tersebut dan bisa juga untuk menghilangkan noda hitam akibat bekas jerawat.

Kalau anda benar ingin memulihkan bekas jerawat dalam waktu lebih cepat, jangan lupakan AIR. Kulit anda membutuhkan air untuk menjaga kemontokannya, menghilangkan racun, dan membangun sel-sel kulit baru. Minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk menjadikan kulit anda berkualitas dan lebih segar. Kunci rahasia lainnya yang anda butuhkan adalah KONSISTENSI. Bekas jerawat terbentuk selama berminggu-minggu, lapis demi lapis. Untuk menghilangkannya, anda perlu menggunakan resep alami ini setiap hari agar bisa menghilangkan jaringan kulit yang rusak lapis demi lapis pula.

Semoga bekas jerawat anda bisa hilang, selamat mencoba..!!

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kabar Burung tentang Bandung: Superhero …

Gede Surya Marteda | | 20 December 2014 | 14:15

Ikhlas, Kunci Ibu Bisa Bahagia …

Sekar Sari Indah Ca... | | 20 December 2014 | 13:33

Kompasiana Drive&Ride: “Tantangan …

Kompasiana | | 16 December 2014 | 17:35

Mazagran: Lahir dari Perang, Lalu …

Kopi Keliling | | 20 December 2014 | 13:38

Ikuti Blog Competition ā€¯Warna Warni Indah …

Kompasiana | | 24 November 2014 | 10:50


TRENDING ARTICLES

Jangan Nodai Sukacita Natal Kami dengan …

Sahroha Lumbanraja | 6 jam lalu

Presiden Jokowi-Wapres JK Atasi Korban …

Musni Umar | 6 jam lalu

Dihina “Kampret”, Pilot Garuda …

Felix | 7 jam lalu

Salahkah Menteri Rini Menjual Gedung BUMN? …

Daniel Setiawan | 8 jam lalu

Hati Lembut Jokowi Atas Manuver Ical …

Mas Wahyu | 9 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: